HEADLINE
---
deskripsi gambar

Dewan Kesenian Cianjur Luncurkan Tembang Cianjuran Dalam Bentuk Karaoke



CIANJUR, (KC).- Dewan Kesenian Cianjur (DKC) untuk pertama kalinya meluncurkan rekaman tembang Cianjur dalam bentuk karaoke. Tembang-tembang yang diluncurkan dalam bentuk CD/VCD itu merupakan karya pencipta tembang Cianjuran ternama seperti Raden R.A.A. Kusumaningrat atau yang lebih dikenal sebagai Dalem Pancaniti Cianjur (Bupati Cianjur priode 1832-1864 Masehi).

Ketua DKC, Andry Kartanegara mengatakan, peluncuran rekaman mamaos Cianjuran yang berjudul "Warisan Karuhun" tujuanya adalah untuk melestarikan karya-karya luhung Cianjur asli dari Dalem pancaniti serta para penerusnya seperti R. Etje Madjid, Endu Sukandar, Nyimas Saudah dan Bakang Abu Bakar.

"Kita ingin tembang Cianjuran ini juga menjadi milik kaum muda, jangan ada kesan hanya mereka yang sudah dewasa atau cenderung sudah tua yang menyukainya. Kita ingin membangkitkan generasi muda agar cinta pada tembang Cianjur. Agar banyak dimintai kita bisa disajikan dalam bentuk karaoke Cianjuran," kata Andry saat ditemui di Kantor PWI Perwakilan Cianjur, Rabu (8/8).

Menurut Andry, tembang yang ditampilkan dalam CD Audio sebanyak 22 tembang. Sedangkan untuk karaoke sebanyak 10 tembang diantaranya yang menjadi tembang unggulan seperti tembang dasar Papatat, kemudian Putri Rakyat, ditambah tembang-tembang panambih seperti Sekar Manis dan Deungkleung.

Sementara untuk mendapatkan CD/VCD karaoke tembang Cianjur tersebut bisa menghubungi DKC. "Untuk sementara kita belum bisa memperjual belikan secara umum, tapi bagi masyarakat yang menginginkan bisa menghubungi kami di DKC," papar Andry.

Keberhasilan DKC meluncurkan tembang Cianjuran tersebut tida terlepas dengan peran semua pihak salah satunya H. Utoh Motohar yang telah banyak membantu memberikan dukungan. Selain itu juga tida terlepas dengan kerja keras dari tim produksi lainnya dari Komite Seni Cianjuran dan Komite Film DKC.

"Harapan kami dengan aadanya CD/VCD karaoke ini seni Cianjuran bisa lebih berkembang lagi dan banyak dimintai generasi muda dan menjadi aset daerah yang berharga tentunya," katanya (KC-02)**.

Also Read:
Post a Comment
Close Ads