HEADLINE
---
deskripsi gambar

Memeras Kades Batulawang, NK Oknum Wartawan Diamankan Polisi



oknum wartawan
CIANJUR, (KC).- Diduga telah melakukan tindakan pemerasan terhadap Kepala Desa (Kades), NK (42) oknum wartawan yang mengaku dari salah satu media terbitan Jawa Barat ditangkap aparat kepolisian sektor (Polsek) Cibinong. Kawatir terjadi aksi kekerasan dari masyarakat, oknum wartawan tersebut selanjutnya diserahkan ke Mapolres Cianjur, Minggu (2/9/2012).

Keterangan yang berhasil dihimpun menyebutkan, aksi pemerasan yang dilakukan oknum wartawan warga Kampung Cijambu RT 02/RW 05, Desa Sukasari, Kecamatan Cisaat Sukabumi tersebut bermula saat pelaku pada Rabu (28/8/2012) datang kepada Kepala Desa Batulawang, Kecamatan Cibinong, Erus Rustandi.

Maksud dari kedatangan pelaku tidak lain adalah untuk meminta uang kepada Kades sebesar Rp 5 juta dengan alasan bahwa penyaluran beras untuk rakyat miskin (Raskin) yang disalurkan di Desa Batulawang bermasalah. Tidak mau berurusan panjang dengan oknum wartawan, Kades Batulawang selanjutnya memberikan uang sebesar Rp 1,5 juta.

Setelah menerima uang pelaku selanjutnya pergi dan berjanji akan datang kembali menagih sisa uang yang diminta. Benar saja pada Sabtu (1/9/2012) sekitar pukul 18.00 WIB pelaku kembali datang menemui Kades Batulawang dan meminta sisa uang yang dimintanya.

Saat itulah tiba-tiba diluar kantor desa, sekitar 600 massa datang dan mengepung kantor desa. Massa meminta agar oknum wartawan tersebut diserahkan kepada mereka. Situasi semakin memanas, bahkan massa terus merangsek dan meminta agar oknum wartawan itu keluar dari dalam kantor.

Melihat situasi yang semakin memanas, salah seorang perangkat desa menghubungi Polsek Cibinong. Petugas yang menerima laporan dipimpin langsung Kapolsek Cibinong AKP Iwan langsung menuju lokasi. Benar saja saat petugas datang massa semakin beringas, bahkan akibatnya lima jendela kantor desa hancur berantakan.

Petugas yang datang langsung berupaya mengevakuasi pelaku dari dalam kantor desa. Upaya petugas berhasil membawa pelaku dari kepungan massa dan membawanya ke Mapolsek Cibinong. Tapi lantaran terjadi amuk massa pelaku selanjutnya diserahkan ke Mapolres Cianjur.

"Benar kami menerima limpahan pelaku dugaan tindak pemerasan yang dilakukan oleh oknum wartawan terhadap Kepala Desa Batulawang, Kecamatan Cibinong. Saat ini pelaku masih dalam pemeriksaan petugas kami," kata Kasubag Humas POlres Cianjur AKP Achmad Suprijatna saat dihubungi terpisah (KC-02)**.


Also Read:
Post a Comment
Close Ads