Iklan

iklan

Cibinong Disergap Longsor, Arus Lalu Lintas Sempat Terputus Beberapa Jam

Sunday, October 21, 2012 | 5:04:00 PM WIB Last Updated 2012-10-21T10:04:36Z
Ilustrasi
CIANJUR, (KC).- Jalur utama Cianjur-Sindangbarang tepatnya diwilayah Desa Sukajadi Kecamatan Cibinong, Kabupaten Cianjur, hingga Minggu (21/10/2012) dini hari sempat terputus beberapa saat akibat terjadinya longsor tanah dari tebing yang menutup bahu jalan. Setidaknya ada empat titik longsor yang terjadi di daerah Cicadas, Jeblakan, dan Sukajadi, Kecamatan Cibinong.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa longsor tersebut, hanya saja dikabarkan ada sepeda motor yang sempat terkena longsoran, namun pengendaranya selamat dan luput dari maut. Pihak pemerintah desa setempat telah mengungsikan 5 Kepala Keluarga (KK) yang tinggal didaerah rawan longsor ke tempat yang lebih aman.

Keterangan yang berhasil dihimpun menyebutkan, hujan deras yang terjadi sepanjang Sabtu (20/10/2012) di wilayah Kecamatan Cibinong mengakibatkan tebing yang ada disepanjang jalur utama mengalami longsor. Longsoran pertama kali terjadi sekitar pukul 19.00 WIB dan disusul beberapa longsoran lainya.

Aparat dari Binamarga yang mengerahkan kendaraan berat dibantu masyarakat dan TNI/Polri saling bahu membahu berupaya menyingkirkan longsoran yang menutupi bahu jalan. Akibat terjadi longsor, arus kendaraan baik yang akan ke Cianjur maupun Sindangbarang terhenti total. Hingga pukul 01.00 WIB, Minggu (21/10/2012) longsor baru bisa diatasi, arus kendaraan bisa normal kembali.

"Sampai saat ini kami masih selalu siaga, kawatir terjadi longsor susulan. Kami menempatkan beberapa petugas linmas disekitar lokasi yang rawan terjadi longsor. Ini kita lakukan untuk mempercepat penanganan bila terjadi sesuatu yang tidak kita inginkan," kata Kepala Desa Sukajadi, Kecamatan Cibinong, Cece Mustari (55) saat dihubungi Minggu (21/10/2012).

Sebagai langkah antisipasi terjadinya longsor susulan, pihaknya telah mengungsikan warga yang tinggal didaerah rawan longsor. "Ada sekitar 55 KK yang telah kami ungsikan ketempat yang lebih aman sebagai antisipasi terjadinya longsor susulan. Memang daerah yang longsor saat merupakan zona yang rawan, apalgi kalau sudah memasuki musim penghujan. Mudah-mudahan saja, tidak terjadi lagi longsor susulan," tegasnya (KC-02)**.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Cibinong Disergap Longsor, Arus Lalu Lintas Sempat Terputus Beberapa Jam

Trending Now

Iklan

iklan