Iklan

iklan

MTs Islamiyah Sayang Terapkan Sistem Informasi Sekolah Berbasis Web

Saturday, August 16, 2014 | 11:11:00 AM WIB Last Updated 2014-08-16T04:11:23Z
Dunia internet semakin lama semakin berkembang pesat karena manusia selalu mencari  terobosan baru. Dalam perkembangan sebuah sistem informasi jarak jauh yang memberikan hak akses khusus bagi anggotanya sudah banyak yang menggunakannya. Dengan  perkembangan  teknologi  yang  semakin  pesat,  sarana  dan  prasarana pendidikan pun harus mengikutinya, salah satunya dengan media komputerisasi  yaitu  internet.  Dengan  internet  dimana  siswa maupun  guru  dapat mengakses  ilmu  pengetahuan  dan  informasi  kapan  saja  dan  dimana  saja.  Banyak  sekali  manfaat  dari  internet.  Salah  satunya  adalah  pembuatan  sistem  informasi berbasis web,  sistem  ini akan menampilkan  informasi mengenai hal-hal  sesuai  dengan apa yang dikehendaki oleh pembuat. Sebuah sistem informasi yang baik  tentunya  mampu  menjalankan  semua  hal  yang  berkaitan  dengan  penyelenggaraan hal-hal spesifik. Semua komponen dipermudah dengan adanya sistem ini.  Untuk membuat  sebuah  program  aplikasi  yang  baik,  pengolahan  data merupakan  kunci  utama  untuk  mencapai  kesempurnaan.  Dengan  pengolahan data  yang  baik  maka  kita  dapat  dengan  mudah  mengakses  data  yang dibutuhkan.

Mulai dua tahun kebelakang MTs Islamiyah Sayang sudah mulai menerapkan teknologi Sistem Informasi Sekolah ini yang berbasis web. Tujuan dibuatnya sistem ini adalah sebagai media informasi bagi warga sekolah (guru, siswa, orang tua) dan masyarakat luas. Tidak cukup bagi media informasi saja, saat ini dengan penerapan sistem informasi sekolah maka akan memudahkan pengelolaan sistem manajemen, mulai dari keuangan, database siswa dan guru, sistem perpustakaan, presense kehadiran, dan pengelolaan nilai. Juga dengan adanya sistem informasi ini, sekolah dapat mempromosikan lembaganya kepada masyarakat luas.

Adapun fitur-fitur yang terdapat dalam sistem informasi MTs Islamiyah Sayang itu meliputi :
  1. Website Sekolah, yang berfungsi untuk menampilkan informasi-informasi sekolah kepada masyarakat luas yang dapat diakses bebas, bahkan bisa juga ditelusuri melalui mesin pencari seperti Google. Bisa dilihat tautan websitenya www.mts-islamiyahsayang.sch.id
  2. Sistem Manajemen Akademik (SIMAK), pada penggunaan sistem ini yang memiliki fitur diantaranya, Pengelolaan database guru dan siswa, presensi kehadiran guru dan siswa, pengelolaan Penilian, SMS Gateway, Administrasi Perpustakaan, Anjungan Informasi, Kepegawaian, Info Siswa, Info Guru, e-Mading.
  3.  Aplikasi pencatatan surat menyurat (Surat masuk dan Keluar) cek disini.

Untuk Sistem Managemen Akademik yang digunakan MTs Islamiyah Sayang menggunakan Aplikasi Jibas yang berlisensi Gratis/Free. Ini dia tautan untuk Sistem Manajemen Akademiknya disini.
Dengan adanya Sistem Informasi Sekolah ini semoga bisa membantu para siswa dan orang tua untuk memperoleh segala informasi dari sekolah dengan cepat da akurat. Dan untuk kedepannya sedang dikembangkan juga E-Learning dan Jejaring Sosialnya khusus untuk siswa dan Guru.
 
Sumber : Blog Asnur
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • MTs Islamiyah Sayang Terapkan Sistem Informasi Sekolah Berbasis Web

Trending Now

Iklan

iklan