Iklan

iklan

Disdikbud Targetkan 32 Lembaga PKBM Terakreditasi

Monday, September 18, 2017 | 1:20:00 PM WIB Last Updated 2017-09-20T10:50:28Z

CIANJUR - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Cianjur menargetkan 32 lembaga Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM), di Cianjur dapat terakreditasi. Hal ini bertujuan agar kualitas PKBM lebih baik lagi. “Kami menargetkan tahun 2017-2018 ini, 32 PKBM dapat terakreditasi,” kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Cianjur, Cecep Sobandi seusai membuka Workshop Peningkatan Kapasitas Mutu Kelembagaan PKBM di salah satu Hotel Cipanas Jumat (15/09).
Menurut dia, jika  lembaga PKBM sudah terakreditasi, maka PKBM diberikan izin untuk menyelenggarakan ujian nasional pendidikan kesetaraan (UNPK). Tanpa memiliki akreditasi, penyetaraan pendidikan yang dilakukan belum diakui, sehingga tidak dapat mengeluarkan ijazah. "Bagi yang belum terakreditasi kesetaraan pendidikannya, belum bisa diakui," katanya.

Di samping itu, dengan memiliki akreditasi PKBM akan lebih mudah mengajukan bantuan dana dari pemerintah, serta akan mendapatkan bimbingan peningkatan kualitas pendidikan.

"Sebab, pemerintah tidak menggaji guru PKBM. Pemerintah hanya bisa memberikan bantuan dana maupun sarana dan prasarana bagi PKBM yang telah terakreditasi," kata dia.

Keberadaan PKBM di Cianjur, menurut dia, sangat penting sebagai sarana pendidikan lanjutan bagi anak jalanan dan siswa putus sekolah, sehingga mereka tetap mendapatkan hak pendidikan yang sama. “Selain itu, untuk meningkatkan angka lama sekolah di Cianjur,” tegasnya.
Sementara itu, Kepala Bidang Paudni PO, Muchammad Rohman memaparkan, saat ini jumlah lembaga PKBM yang ada di Cianjur sebanyak 96 lembaga. Dari jumlah itu, semuanya belum terakreditasi. “Karena itu, melaluiworkshop ini kita dorong PKBM untuk segera diakreditasi. Paling tidak ada 32 lembaga tahun pelajaran ini dapat terakreditasi,” ujarnya.
Ketua Forum Komunikasi Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (FK PKBM), Iwan Ruswandi memaparkan, pihaknya akan terus mendorong PKBM untuk segera mengajukan akreditasi. “Pada prinsifnya teman-teman di PKBM sudah siap diakreditasi. Kami sangat berharap, tahun ini bisa teralisasi,” imbuhnya. 
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Disdikbud Targetkan 32 Lembaga PKBM Terakreditasi

Trending Now

Iklan

iklan