Iklan

iklan

Lima Sekolah PAUD di Cianjur Dibuka Kembali Berkat Bantuan Taiwan

Saturday, August 26, 2023 | 6:46:00 PM WIB Last Updated 2023-11-08T00:23:41Z

Jakarta - Duta Besar John Chen dan Ibu Cathy Lee Chen dari Taipei Economic and Trade Office (TETO) Jakarta pada 23 Agustus 2023 menghadiri upacara peresmian sekolah PAUD yang telah selesai direnovasi dengan dana bantuan bencana Pemerintah Taiwan.

Keterangan tertulis TETO, Jumat (25/8/2023) menyebutkan, upacara peresmian PAUD itu dilaksanakan di salah satu sekolah yang telah dibangun kembali, yaitu Sekolah PAUD Nurul Huda.

Turut hadir dalam acara tersebut yaitu Asisten Daerah 1 Pemerintah Kabupaten Cianjur Arif Purnawan, pejabat Biro Pendidikan Pemerintah Kabupaten Cianjur, perwakilan guru dan siswa-siswi dari lima sekolah PAUD yang menerima dana bantuan, dan pihak Yayasan Amal Tiga Roda yang bertanggung jawab atas proyek renovasi sekolah PAUD.

Disebutkan pula, pada 21 November 2022 terjadi gempa bumi berkekuatan 5.6 SR di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, dan menyebabkan kerusakan yang sangat parah.

Pemerintah Taiwan langsung menyampaikan rasa belasungkawa yang tulus kepada Pemerintah Indonesia serta menyerahkan donasi sebesar 100.000 US Dollar melalui Yayasan Amal Tiga Roda untuk mengkoordinasi bantuan. Kemudian Yayasan Amal Tiga Roda Cabang Bandung melaksanakan penyerahan bantuan kepada korban gempa dan melakukan rekonstruksi infrastruktur.

Sukarelawan dari Yayasan Amal Tiga Roda berkunjung langsung ke daerah bencana di Cianjur untuk memahami kebutuhan para korban bencana.

Setelah berdiskusi dengan TETO dan Pemerintah Kabupaten Cianjur, jenis bantuan yang menjadi prioritas adalah “pembagian paket bantuan” serta “rekonstruksi dan renovasi sekolah PAUD di daerah bencana”.

Pada Maret 2023, lebih dari 2.000 paket bantuan telah disumbangkan kepada Pemkab  Cianjur, dan diserahkan langsung oleh Yayasan Amal Tiga Roda kepada korban bencana.

Sementara itu untuk rekonstruksi dan renovasi sekolah PAUD, TETO dan Yayasan Amal Tiga Roda merujuk pada saran dari Pemkab  Cianjur. Setelah survei lokasi serta evaluasi secara menyeluruh, diputuskan untuk merenovasi empat sekolah dan merekonstruksi satu sekolah. Proses renovasi dan rekonstruksi tersebut telah selesai belum lama berselang.

Dalam sambutannya, Duta Besar John Chen menyampaikan harapan untuk lima sekolah PAUD yang direnovasi dengan dana bantuan bencana Pemerintah Taiwan agar dapat memberikan ruang belajar yang lebih nyaman dan aman bagi para murid serta dapat belajar dengan bahagia dan tumbuh dengan sehat.

John Chen juga menyampaikan bahwa Indonesia selama  dua tahun berturut-turut terpilih oleh Charities Aid Foundation di Inggris sebagai negara yang paling dermawan di dunia.

"Sama seperti Indonesia, setiap kali melihat penderitaan yang terjadi di berbagai tempat di seluruh dunia, rakyat Taiwan merasakan penderitaan yang sama. Melalui rasa empati yang tinggi, kemurahan hati rakyat Taiwan akan selalu hadir dengan memberikan bantuan yang terbaik," katanya.

Sementara itu Ketua Yayasan Amal Tiga Roda Cabang Bandung, Ko Pai Kuan yang turut hadir dalam acara tersebut menjelaskan tentang proses penanganan kegiatan bantuan. Ia berterima kasih atas dukungan Pemerintah Taiwan dan mempercayakan tugas penting untuk mengkoordinasi kegiatan bantuan di Kabupaten Cianjur kepada Yayasan Amal Tiga Roda.

Asisten Khusus untuk Bupati Cianjur, Asda 1 Arif Purnawan yang juga turut hadir dalam acara tersebut, mewakili Bupati Cianjur Herman Suherman berterima kasih kepada pemerintah dan rakyat Taiwan yang terus memberikan bantuan ke lokasi pasca bencana gempa.

"Pemerintah dan masyarakat kabupaten Cianjur tidak akan pernah melupakan semua bantuan yang telah diberikan," katanya.

Yayasan Amal Tiga Roda sendiri menggunakan dana bantuan dari Pemerintah Taiwan untuk merenovasi dan merekonstruksi lima sekolah PAUD yang paling membutuhkan bantuan di Kabupaten Cianjur.

Selain sekolah PAUD Nurul Huda yang telah dibangun kembali di lokasi semula, terdapat empat sekolah PAUD lain yang mendapat bantuan renovasi, yaitu PAUD Intan Mas, PAUD Mentari Pagi, PAUD Auladi Cemerlang, dan PAUD Amanah Bunda. Siswa-siswinya diharapkan dapat kembali belajar di gedung sekolah yang nyaman.

Acara peresmian diselingi dengan pertunjukkan seni oleh siswa-siswi PAUD, pemutaran foto sebelum dan sesudah renovasi sekolah serta upacara pemotongan nasi tumpeng yang melambangkan keberuntungan.

Duta Besar John Chen dan Ibu Cathy Lee Chen juga membagikan paket alat tulis kepada siswa-siswi yang hadir di acara tersebut serta berfoto bersama para guru dan murid. Acara ditutup dengan suasana ceria dan hangat.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Lima Sekolah PAUD di Cianjur Dibuka Kembali Berkat Bantuan Taiwan

Trending Now

Iklan

iklan