Iklan

iklan

Setahun Gempa 5,6 Cianjur, Pemkab Gelar Istighotsah dan Doa Bersama

Admin
Tuesday, November 21, 2023 | 10:30:00 PM WIB Last Updated 2023-11-21T23:47:07Z


CIANJUR,[KC],-
Pemerintah Kabupaten Cianjur menggelar Istighotsah dan doa bersama dalam rangka mengenang setahun gempa bumi Cianjur yang terjadi 21 November 2022, sejumlah  Ribuan warga Cianjur dari sejumlah elemen hadir dan khidmat mengikuti istigasah dan doa bersama yang dilaksanakan di Masjid Agung Kabupaten Cianjur, Selasa (21/11).

Gempa bumi bermagnitudo 5,6 SR yang mengguncang Cianjur menyebabkan ribuan rumah rusak, merenggut ratusan nyawa.

Bupati Cianjur Herman Suherman mengatakan Istighitsah dan doa bersama yang dilaksanakan ini untuk meminta dan memohon pertolongan Allah SWT agar Cianjur terhindar dari mara bahaya, sehingga kejadian serupa tidak terjadi di Cianjur.

"Satu tahun sudah kita lalui, meski masih banyak yang tinggal di tenda tenda darurat, pemerintah daerah tetap mengupayakan  semua penyintas gempa tetap mendapatkan bantuan  untuk membangun kembali rumahnya" Ucap Herman.

Bupati Cianjur, Herman Suherman, mengatakan, proses recovery pembangunan Cianjur yang terdampak gempa lebih cepat apabila dibandingkan dengan daerah lainnya. 

Istigasah dan doa bersama ini dipimpin langsung Yahya Zainul Ma'arif atau lebih dikenal dengan sapaan Buya Yahya, kegiatan yang diikuti pelajar, masyarakat umum, pejabat di Pemkab Cianjur itu dilaksanakan mulai pukul 11.30 WIB hingga pukul 14.00 WIB.

"Salah satu kunci kebangkitan Cianjur itu dengan menghidupkan hati yang mencintai sesama yang tak rela ada orang terzalimi atau tertindas. Apabila mengartikan kebangkitan adalah kemegahan, tapi isinya hanya kebencian, tidak akan ada artinya. Kalau orang hidup dengan mencintai, maka akan mudah membangun,” ucap Buya Yahya, Selasa.

Ia menyebutkan, para ulama sepakat bahwa kematian yang dialami orang yang terdampak bencana alam, dengan cara terimpa reruntuhan dan tertimbun tanah longsor maka dipastikan syahid.  

"Beliau-beliuan yang meninggal dunia karena bencana, maka matinya mati syahid. Mereka sudah aman. Sekarang pikirkan bagaimana saya dan Anda," ucap Buya Yahya. [KC.03]**




Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Setahun Gempa 5,6 Cianjur, Pemkab Gelar Istighotsah dan Doa Bersama

Trending Now

Iklan

iklan