Iklan

iklan

Musrenbang RKPD di Gelar di Green Hill Resort Ciherang

Wednesday, March 21, 2012 | 5:43:00 AM WIB Last Updated 2012-03-21T00:37:53Z
Pacet (KabarCianjur) - Sebagaimana tertuang dalam Peraturan Daerah Kabupaten Cianjur Nomor 8 Tahun 2011, bahwa perencanaan pembangunan daerah adalah suatu proses penyusunan tahapan-tahapan kegiatan yang melibatkan berbagai unsur pemangku kepentingan pembangunan guna pemanfaatan dan pengalokasian sumber daya yang ada dalam rangka meningkatkan kesejahteraan sosial untuk jangka waktu tertentu.
Demikian dikatakan Bupati Cianjur, H. Tjetjep Muchtar Soleh ketika membuka Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kegiatan Pembangunan Daerah (RKPD) Kabupaten Cianjur tahun 2013 Green Hill Resort, Desa Ciherang, Kecamatan Pacet, Kabupaten Cianjur, Selasa (20/3).
Menurut bupati, dalam kurun waktu 5 tahun terakhir, pembangunan di Kabupaten Cianjur telah menunjukkan peningkatan. Hal ini tentunya atas kerjasama semua pihak sehingga manfaat pembangunan daerah sangat dirasakan oleh masyarakat.
"Kita juga menyadari, hasil pembangunan itu bukan suatu titik akhir, melainkan sesuatu yang harus dipertahankan bahkan lebih ditingkatkan kedepannya," papar bupati.
Berdasarkan evaluasi lanjut bupati, capaian hasil pembangunan daerah Kabupaten Cianjur, indeks pendidikan, indeks kesehatan dan indeks daya beli menunjukkan trend meningkat. Capaian tersebut tidaklah menjadi suatu ukuran permanen.
"Hal penting lainnya adalah bukti-bukti fisik maupun non fisik pembangunan daerah yang telah banyak dinikmati oleh masyarakat yang merupakan hasil kerja sama semua pihak," tegasnya.
Pihaknya berharap melalui musrenbang mampu meningkatkan partisipasi aktif seluruh komponen pembangunan dalam setiap tahapan pembangunan mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan.
"Dengan demikian diharapkan pula adanya peningkatan kinerja pembangunan daerah, sehingga dapat mempercepat upaya mewujudkan masyarakat Cianjur yang lebih sejahtera dan berakhlakul karimah," tandasnya.
Ketua Panitia Pelaksana Musrenbang RKPD Tahun 2013, Yudi Ferdiana, melaporkan tujuan diselenggarakannya kegiatan tersebut adalah untuk menyelaraskan prioritas dan sasaran pembangunan daerah dengan arah kebijakan prioritas dan sasaran pembangunan daerah, provinsi maupun pusat.
Selain itu juga bentuk klarifikasi usulan program dan kegiatan yang telah disampaikan kepada pemerintah daerah pada musrenbang kecamatan dan forum OPD. "Mempertajam indikator kinerja dan kegiatan Pemerintah Daerah, serta mendapatkan rincian rancangan awal kerangka regulasi menurut OPD yang berhubungan dengan rencana pembangunan dan menyelaraskan capaian target pelaksanaan pembangunan," ungkap Yudi (KC-02)***.
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Musrenbang RKPD di Gelar di Green Hill Resort Ciherang

Trending Now

Iklan

iklan