Iklan

iklan

Satpol PP Cianjur Kekurangan PPNS

Thursday, March 22, 2012 | 6:14:00 AM WIB Last Updated 2012-03-22T02:45:13Z
Jln. Siti Jenab (KabarCianjur) - Banyaknya persoalan pengaduan yang masuk ke kantor Satuan Polisi Pamongpraja (Satpol PP) Kabupaten Cianjur tidak sebanding dengan jumlah Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) yang dimiliki. Saat ini di kantor Satpol PP hanya terdapat 3 PPNS termasuk seorang Kepala Seksi (Kasi) yang harus menangani perkara pengaduan dalam sehari rata-rata mencapai 10 pengaduan.
Kepala Satpol PP Kabupaten Cianjur, Ucup S Ditamihardja mengakui keterbatasan jumlah personel PPNS menjadi kendala dalam menangani persoalan yang masuk ke kantornya. "Jelas jumlah PPNS yang hanya tiga orang menjadi kendala tersendiri ketika ada laporan pengaduan yang masuk dan harus segera ditindak lanjuti," kata Ucup.
AKibat keterbatasan PPNS, pihaknya terpaksa harus mengambil langkah prioritas dalam menindak lanjuti setiap persoalan pengaduan yang masuk ke Satpol PP. "Setiap pengaduan pasti kami tindak lanjuti, mungkin hanya waktu saja. Karena semuanya itu harus melalui proses dan prosedur," tegasnya.
Pihaknya juga membantah kalau pelayanan yang diberikan tidak maksimal, karena selama ini dia mengaku telah melaksanakan tupoksi kerja sesuai dengan ketentuan. "Kita terus berupaya memberikan pelayanan yang terbaik, meski di PPNS kita memiliki jumlah keterbatasan," katanya.
Keterbatasan anggaran lanjut Ucup, menjadi salah satu kendala untuk menambah jumlah PPNS. Pihaknya mengaku sudah beberapa kali mengusulkan melalui Satpol PP Propinsi Jawa Barat untuk  mengikuti pendidikan PPNS. Namun hingga kini belum ada kesempatan untuk mengikuti pendidikan tersebut.
"Pendidikan PPNS ini biayanya cukup mahal, satu orang bisa mencapai Rp 10 juta lebih, sementara anggaran yang kita miliki jumlahnya sangat terbatas," kata Ucup.
Untuk tahun ini pihaknya mengaku telah mengusulkan dua anggota Satpol PP agar diikutsertakan dalam pendidikan PPNS. "Mudah-mudahan tahun ini mereka bisa ikut pendidikan dan lulus sehingga kekurangan PPNS ini lambat laun bisa tertutupi kalau setiap tahunya ada yang diikutsertakan pendidikan," harapnya (KC-02)***.
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Satpol PP Cianjur Kekurangan PPNS

Trending Now

Iklan

iklan