Iklan

iklan

Jumlah Pemilih Pemula Pada Pilgub Jabar 2013 di Prediksi Naik 3 %

Tuesday, April 24, 2012 | 7:21:00 PM WIB Last Updated 2012-04-24T12:21:49Z
FOTO : Sosialisasi Pemilukada di Gedung DKC
CIANJUR,(KabarCianjur).- Jumlah hak pilih pada Pilgub Jabar 2013 di Kabupaten Cianjur dipastikan akan mengalami kenaikan dari jumlah hak pilih Pemilukada 2011. Dalam Pemilukada 2011 jumlah hak pilih di Kabupaten Cianjur mencapai 1.581.015 jiwa dan diprediksikan pada Pilgub Jabar 2013 jumlahnya akan naik menjadi sekitar 1,7 juta jiwa.
Menurut Ketua Divisi Sosialisasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Cianjur, Saeful Ulum, kenaikan hak pilih pada Pilgub Jabar 2013 juga diprediksikan terjadi pada pemilih pemula. Pihaknya memprediksikan kenaikan pemilih pemula mencapai 3% dari jumlah pemilih pemula Pemilukada Kabupaten Cianjur 2011 lalu. Mayoritas, pemilih pemula tersebut berasal dari kalangan pelajar dan santri.
"Berdasarkan dari hitungan, kenaikan pemilih pemula pada Pilgub Jabar yang akan digelar pada 24 Februari 2012 itu bisa mencapai 48 sampai 50 orang pemilih dari jumlah 1.600 pemilih pemula pada Pemilukada Kabupaten Cianjur 2011 lalu. Pemilih pemula itu didominasi dari kalangan pelajar dan santri," kata Saeful Ulum, disela kegiatan Sosialisasi Undang Undang Politik Bagi Pemilih Pemula di Gedung Dewan Kesenian Cianjur (DKC), Selasa (24/3).
Tingakat partisipasi pemilih pemula lanjut Ulum, pada pemilukada 2011 lalu terbolang tinggi hampir mencapai 90 %. Salah satu penyebabnya tidak lain adalah rasa penasaran pemilih pemula untuk mengetahui bagaimana memilih. "Tingginya tingkat partisipasi pemilih pemula ini juga mengharuskan kita lebih gencar melakukan sosialisasinya dengan penyampaian yang dikemas sedemikian rupa agar mereka tertarik dan mudah memahami tentang pemilihan umum," katanya.
Sementara itu ketika ditanya pelaksanaan tahapan Pilgub 2013, pihaknya menjelaskan baru akan dimulai pada bulan Agustus 2012 mendatang. "Sesuai dengan tahapan, KPU pada bulan Agustus 2012 akan melakukan perekrutan panitia pemilihan kecamatan (PPK) dan panitia pemungutan suara (PPS) untuk melakukan validasi data pemilih," jelasnya.
Seorang siswa peserta sosialisasi, Zaki Alfin (16), siswa SMA Negeri I Cianjur mengaku, banyak manfaatnya adanya kegiatan sosialisai yang dilakukan KPU Cianjur tentang undang-undang Pemilu bagi pemilih pemula. Selain menambah wawasan juga bisa menjadi bekal dala pelaksanaan Pilgub Jabar 2013 nanti. "Jelas ini banyak manfaatnya bagi pemilih pemula seperti saya ini. Paling tidak saya bisa membayangkan bagaimana caranya memilih dalam Pemilu nanti, karena sebelumnya sudah dibekali dengan pengetahuan tentang Pemilu," katanya (KC-02)***.
Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Jumlah Pemilih Pemula Pada Pilgub Jabar 2013 di Prediksi Naik 3 %

Trending Now

Iklan

iklan