Iklan

iklan

Ticket Kereta Api Cianjur-Padalarang Terhitung 8 April 2012 Menjadi Rp 10.000.-

Wednesday, April 4, 2012 | 6:13:00 PM WIB Last Updated 2012-04-04T11:24:48Z
Stasiun Kereta Api Cianjur akan memberlakukan tarif baru terhitung 8 April 2012
Cianjur Kota (KabarCianjur) - Untuk meningkatkan pelayanan, PT. Kereta Api Indonesia (KAI) akan menaikkan harga tiket untuk Kereta Api (KA) lokal Padalarang-Cianjur Pulang Pergi (PP) menjadi Rp 10.000,-/penumpang dari tarif semula sebesar Rp 1.500,-/orang. Awalnya tarif baru tersebut akan diberlakukan sejak 1 April 2012, tapi dengan berbagai pertimbangan akhirnya ditunda dan baru akan dilaksanakan terhitung sejak Minggu (8/4) mendatang.
Kepala Stasiun KA Cianjur, Sutrisno mengungkapkan, pihaknya tidak bisa memberikan penjelasan secara tekhnis dengan ditundanya pemberlakuan tarif baru KA lokal Padalarang-Cianjur PP karena bukan kewenangannya.
"Kalau ditanya kenapa ditunda kami tidak bisa memberikan penjelasan, karena itu kewenangan pusat. Kami hanya melaksanakan kebijakan itu, kalau sekarang ditunda dan akan diberlakukan sejak Minggu, 8 April mendatang kami akan siap laksanakan," kata Sutrisno saat di temui di kantornya, Rabu (4/4).
Dengan naiknya ticket KA lokal Padalarang-Cianjur menjadi Rp 10.000,-/penumpang, pihak KA  lokal akan memberikan pelayanan tambahan fasilitas bagi para penumpang yang sebelumnya tidak didapat. "Dengan naiknya tarif tentu ada peningkatan pelayanan seperti rangkain gerbong dan salonisasi," katanya.
Hanya saja pihaknya meminta maaf kepada para penumpang, dengan naiknya tarif baru nantinya ada beberapa larangan yang harus ditaati oleh setiap penumpang. Larang tersebut diantaranya seluruh penumpang dilarang merokok didalam gerbong.
"Kalau sebelumnya penumpang masih bebas merokok, sejak naiknya tarif nanti ada larangan bagi setiap penumpang dilarang merokok didalam gerbong. Semua itu dilakukan bersamaan dengan peningkatan pelayanan yang akan diberikan," tegasnya.
Pihakny ajug aoptimis, meski tarif akan mengalami kenaikan, jumlah penumpang yang biasanya per hari rata-rata mencapai 300 orang tidak akan mengalami penurunan yang signifikan. "Kereta yang berangkat dari Cianjur ke Padalarang ini hanya ada dua rangkaian gerbong dan dua jam pemberangkatan yakni jam 5 pagi dan jam 11.30 siang. Saya yakin jumlah penumpang tetap akan seperti biasa, karena perjalanan dengan kereta masih terbilang cepat," papar Sutrisno.
Kereta Api lokal Padalarang-Cianjur PP memiliki beberapa tempat pemberhentian yang setiap saat penumpang bisa naik dari pemberhentian tersebut yakni di pemberhentian Maleber, Selajambe, Ciranjang, Rajamnadala, Cipeuyeum, Cipatat, Tagok Apu dan Padalarang.
"Kita harapkan dengan kenaikan tarif per 8 April 2012 nanti, para penumpang bisa maklum. Karena semua dilakukan demi peningkatan pelayanan yang diberikan oleh pihak KA kepada para penumpang," harapnya.
Imas Masliah (26) seorang warga tidak mempermasalahkan dengan dinaikkannya ticket kereta api Cianjur-Padalarang jika diimbangi dengan peningkatan pelayanan. "Bagi saya tidak menjadi masalah kalau harga ticketnya naik, tapi tentunya harus diimbangi dengan peningkatan pelayanan. Saya sendiri selaku pengguna jasa kereta api Cianjur pingin mendapatkan pelayanan yang lebih baik dari sebelumnya," harapnya (KC-02)***.
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Ticket Kereta Api Cianjur-Padalarang Terhitung 8 April 2012 Menjadi Rp 10.000.-

Trending Now

Iklan

iklan