Iklan

iklan

Gas Elpigi 3 Kg Langka di Cianjur, Harganya Tembus Rp 20.000,-/Tabung

Monday, May 21, 2012 | 7:43:00 PM WIB Last Updated 2012-05-21T12:57:50Z
Ibu-ibu Rumah Tangga terpaksa menggunakan kayu bakar
CIANJUR, (KC).- Dalam beberapa hari terakhir, gas elpigi 3 kg langka disejumlah wilayah Cianjur. Kalaupun ada harganya jauh diatas Harga Eceran Tertinggi (HET) yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Bahkan disejumlah tempat harga gas elpigi 3 kg tersebut mencapai kisaran Rp 20 ribu/tabung.
Nono Karyono, Divisi Jaringan dan Aksi Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Cianjur (YLBH-C) menduga, apa yang terjadi saat ini merupakan bukti lemahnya pengawasan dari Hiswana Migas dan Pemerintah Daerah terhadap agen-agen besar maupun kecil, dan pengecer di level bawah. "Kami juga menduga ada spekulan nakal yang bermain menimbun gas ukuran 3 kg sehingga mengakibatkan kelangkaan di pasaran," kata Nono Karyono, Senin (21/5).
Hal yang tidak jauh beda juga disampaikan Ketua Yayasan Lembaga Konsumen Cianjur (YLKC), Agung Nurjamil. Berdasarkan pantaunya, gas elpigi 3 kg yang merupakan gas bersubsidi bsemakin langka dipasaran. Kalaupun ada harganya jauh melambung dari harga yang telah ditetapkan.
"Ini sangat kontradiktif, padahal tanggal 15 Mei 2012, baru saja Pemkab Cianjur dalam hal ini Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) ygan dihadiri semua pihak termasuk YLKC, telah menyepakati HET yang kemudian untuk diperbupkan, dan waktu itu YLKC mengusulkan dilakukan pengawasan yang ketat dan sanksi yang jelas bagi pelanggar," kata Agung.
Pihaknya merasa khawatir adanya agen maupun pangkalan dan pihak lain yang mencari keuntungan pribadi dan kelompk, diatas jeritan rakyat. "Sekarang terjadi kelangkaan, yang menjadi pertanyaan kenapa hàrus terjadi kelangkaan?," katanya.
Secara terpisah Kasi Bina Sistem Distribusi pada Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Cianjur, Yudi Adi Nugroho mengatakan, kelangkaan gas elpigi 3 kg di beberapa wilayah Cianjur diduga sebagi akibat dampak diberlakukan konversi minyak ke gas diwilayah diluar pulau Jawa. Imbasnya terasa dibeberapa wilayah lainya termasuk Cianjur.
"Hari ini (kemarin) informasinya Hiswana Migas sedang mengikuti rapat di Jakarta untuk membahas masalah kelangkaan gas ini. Mudah-mudahan saja ini bisa segera tertangani. Sehingga kelangkaan tidak lagi terjadi," kata Yudi saat dihubungi terpisah.
Menurutnya, pihaknya juga telah mengajukan usulan untuk empat bulan kedepan ke Pertamina kebutuhan gas elpigi 3 kg sebanyak ‎​1.048.180 tabung. "Saat ini kita masih dilevel 900 tabung untuk kebutuhan, dengan HET Rp13.650.i untuk di pangkalan serta Rp12.750.- di agen," katanya (KC-02)***.
Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Gas Elpigi 3 Kg Langka di Cianjur, Harganya Tembus Rp 20.000,-/Tabung

Trending Now

Iklan

iklan