Iklan

iklan

Ketua Perceka Cianjur Terima Sastra Rancage

Monday, May 28, 2012 | 7:02:00 AM WIB Last Updated 2012-05-28T00:02:44Z
Tatang Setiadi
CIANJUR, (GM).Seniman Cianjur yang juga Ketua Sanggar Perceka Tatang Setiadi (52) menerima hadiah bergengsi Sastra Rancage dari Yayasan Rancage yang dipimpin budayawan kondang Ajip Rosidi, Kamis (24/5) di aula Universitas Negeri Semarang (Unnes) Jawa Tengah. Pria yang sering mengenakan baju warna hitam itu mendapat hadiah Rancage  "Samsudi" yaitu katagori dongeng anak yang berjudul "Asal Usul Hayam Pelung Jeung Dongeng-dongeng Cianjur Lianna".
Hadiah tersebut merupakan pertama kalinya bagi warga Cianjur. Selain Tatang Setiadi, beberapa sastrawan lainnya juga menerima penghargaan Rancage yaitu Acep Zamzam Noor untuk kumpulan puisi berjudul "Pangguneman". Sedangkan sastrawati Eti R.S menerima hadiah Jasa karena kiprahnya selama ini dalam sastra Sunda. Untuk sastra Jawa diterima Yusuf Susilo Hartono Pengurus PWI Pusat untuk kumpulan puisi Jawa berjudul "Ombak Wengi".
Sementara untuk hadiah Jasa diterima Sucipto Hadi Purnomo dosen Unnes yang juga kolomnis surat kabar Suara Merdeka. Dari Bali diterima oleh Komang Adiyana untuk kumpulan cerpenya, sedangkan untuk jasa diterima I Made Sugiyanto."Ini merupakan penghargaan bukan bagi saya khususnya tapi bagi seluruh warga Cianjur, karena saya mengangkat dongeng yang ada di Cianjur. Mudah-mudahan kedepannya kumpulan dongeng saya dapat diperbanyak untuk para pelajar, khususnya para pelajar Sekolah Dasar. Alhamdulillah sudah ada dukungan dari Kepala Disdik Cianjur juga Ketua PWI Cianjur," kata Tatang, Minggu (27/5).
Tatang mengungkapkan, hadiah yang diterimanya atas sastra rancage tersebut rencananya akan digunakan untuk acara bedah buku yang akan digelar bulan depan di Bale Seni Cianjur. "Uang pembinaan yang kami dapatkan akan kami manfaatkan untuk menggelar bedah buku. Harapan kami masyarakat Cianjur bisa lebih memahami apa yang telah kami dapatkan dan mudah-mudahan bisa bermanfaat," katanya (KC-02)***.   
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Ketua Perceka Cianjur Terima Sastra Rancage

Trending Now

Iklan

iklan