Iklan

iklan

Komisi III DPRD Cianjur Minta Pemkab Gunakan Dana Cadangan Untuk Bangun Jembatan Lebak Senen Yang Ambruk

Wednesday, May 9, 2012 | 5:58:00 AM WIB Last Updated 2012-05-08T22:59:01Z
CUGENANG, (KC).-Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Cianjur mendesak Pemkab Cianjur untuk segera mengalokasikan anggaran buat pembangunan kembali jembatan Lebak Senen di Kampung Lebak Senen, Desa Nyalindung, Kecamatan Cugenanang yang ambruk pada Sabtu (6/5) malam akibat diterjang banjir. Pembangunan sangat mendesak mengingat keberadaan jembatan Lebak Senen merupakan akses utama bagi warga setempat.

Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Cianjur Rudi Syachdiar Hidajath mengatakan, Pemkab Cianjur jangan sampai berdalih tidak ada anggaran ketika sedang menangani bencana alam. Karena setiap tahunya dana darurat bencana alam selalu dicadangkan dalam APBD.

"Kalau berbicara anggaran, sudah jelas bisa diambil dari dana alokasi darurat bencana alam. Tidak harus mununggu alokasi dana dalam perubahan anggaran atau tahun berikutnya. Memang harus ada prosedur mencairkan dana darurat tersebut, tapi jika kondisi darurat dan mendesak karena untuk kepentingan masyarakat, kenapa tidak?. Kuncinya tinggal ada 
political will dari pucuk pemerintahab," tegas Rudi disela-sela peninjauan dilokasi ambruknya jembatan Lebak Senen, Selasa (8/5).

Pihaknya mengaku, dalam pencairan dana darurat legislatif tidak akan keberatan karena kondisi tersebut dilakukan dalam situasi yang benar-benar mendesak dan darurat. Hanya saja pihak eksekutif harus memberitahukan ke legislatif agar tidak terjadi tidak terjadi miskomunikasi dalam pelaksanaanya.
"Tidak bermaksud mengesampingkan aturan, tapi kondisi ini memang sangat mendesak untuk dilakukan. Selama ini kami melihat, dana darurat bisa dicairkan jika ada korban dalam bencana alam. Padahal tidak harus setiap ada korban dana itu bisa dicairkan. Tim pemeriksa keuangan pun mungkin bisa mengerti dengan situasi dan kondisinya, karena benar-benar darurat," tegasnya.
Wakil Bupati Cianjur H. Suranto mengaku akan segera membangun kembali jembatan Lebak Senen yang ambruk diterjang banjir."Kita akan bangun kembali jembatan Lebak Senen, barusan kita sudah rapatkan, kita bisa membangun dengan menggunakan dana cadangan," kata Wabub saat ditemui seusai menggelar rapat dengan para kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Bale Prayoga, Selasa (8/5).
Menurut Wabub, pasca ambruknya jembatan tersebut, pihaknya telah mengintruksikan untuk membuat jembatan darurat agar aktivitas masyarakat bisa berjalan meski agak terganggu. "Sudah diupayakan untuk membuat jembatan darurat dengan bambu. Yang penting masyarakat bisa melintas, tapi hanya untuk pejalan kaki," katanya.


Bangun Jembatan Darurat

Puluhan warga dibantu TNI/Polri Selasa (8/5) terlihat bergotongroyong membuat jembatan bailley (sementara) berbahan dasar bambu. Jembatan tersebut dibangun disamping jembatan yang ambruk. Meski tidak maksimal dan hanya bisa dilewati bagi pejalan kaki, keberadaan jembatan darurat tersebut sangat membantu aktivitas warga.

"Pembangunan jembatan darurat ini sebagai upaya agar aktivitas sekitar hampir 10.000 jiwa warga Desa Nyalindung dan Galudra yang akan beraktivitas melalui Desa Cibeureum tidak terganggu. Daripada mereka menggunakan akses kedesa Mangunkerta yang jaraknya beberapa kali lipat, minimalnya jembatan sementara ini bisa menjadi solusi sementara agar warga tidak perlu menyebrangi arus sungai karena sewaktu-waktu dikhawatirkan akan terjadi kembali banjir bandang," kata Camat Cugenang, Dadan Ginanjar dilokasi jembatan ambruk.
Kepala Dinas PU Bina Marga Atte Adha Kusdinan saat melihat jembatan Lebak Senen mengatakan, pihaknya hanya memiliki kewenangan teknis mengenai pembangunan fisik karena yang memiliki wewenang menangani jembatan ambruk adalah Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).
"Rencananya besuk (hari ini) kita akan menggelar rapat koordinasi dengan pihak terkait untuk membahas penanganan jembatan ambruk, tidak hanya jembatan Lebak senen tapi juga dua jembatan lainya yakni jembatan di Sindanglaka Karangtengah dan Mande akan menjadi pembahasan dalam penangananya," kata Atte (KC-02)***.


Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Komisi III DPRD Cianjur Minta Pemkab Gunakan Dana Cadangan Untuk Bangun Jembatan Lebak Senen Yang Ambruk

Trending Now

Iklan

iklan