Iklan

iklan

Bupati Cianjur Punguti Sampah, Upaya Sadarkan Masyarakat Berprilaku Bersih

Friday, June 1, 2012 | 7:02:00 PM WIB Last Updated 2012-06-01T12:02:47Z
CIANJUR, (KC).- Untuk membangkitkan kembali kepedulian masyarakat Cianjur terhadap kebersihan, Bupati Cianjur, H. Tjetjep Muchtar Soleh beserta unsur Muspida dan sejumlah pejabat turun kesejumlah tempat untuk memunguti sampah. Tindakan tersebut dilakukan untuk kembali membangkitkan kepedulian masyarakat Cianjur terhadap budaya bersih.

Kegiatan tersebut dimulai dari halaman Pendopo Cianjur menuju alun alun Cianjur, kemudian dilanjutkan ke daerah pasar induk, Jl. Suroso. Lalu terakhir rombongan meninjau lokasi pembuatan composter (pupuk kompos) di daerah pasar induk. Bupati Cianjur yang memimpin aksi, tidak segan-segan memunguti sampah dan memasukkan kedalam tempat yang telah disipakan.  

Ditemui disela aksi, Bupati Cianjur, H. Tjetjep Muchtar Soleh mengungkapkan, aksi bersih-bersih sampah tersebut merupakan tindak lanjut hasil dari studi banding ke Kota Surabaya. Bupati  merasa masyarakat Cianjur sekarang ini kurang memiliki kepedulian pada masalah kebersihan. Oleh karena itu Bupati bersama unsur muspida bermaksud untuk menghidupkan kembali kegiatan jumsih (jum’at bersih). 

"Kegiatan jumsih ini akan rutin dilaksanakan setiap seminggu sekali pada hari jum’at dari mulai pukul 07.30 WIB sampai dengan 10.00 WIB. Jumsih ini merupakan kerja sama antara Pemerintah Kabupaten Cianjur, TNI, Polri, BUMN/BUMD di wilayah Kabupaten Cianjur serta masyarakat Cianjur. Adapun titik-titik yang akan dilaksanakan jumsih setiap minggunya berbeda," katanya. 

Bupati mengharapkan, melalui kegiatan jumsih, akan timbul kesadaran masyarakat akan pentingnya kebersihan dan kenyamanan lingkungan. Serta meningkatkan kembali kekompakan serta gotong royong yang pada saat ini sudah mulai berkurang. 

"Peran Pemerintah memberikan contoh tauladan kepada masyarakat terutama dalam menggerakkan kembali kegiatan juma’at bersih. Sehingga diharapkan pada masa yang akan datang perilaku bersih dan sehat bisa menjadi gaya hidup masyarakat Cianjur yang saat ini mulai pudar," harapnya (KC-02)***.
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Bupati Cianjur Punguti Sampah, Upaya Sadarkan Masyarakat Berprilaku Bersih

Trending Now

Iklan

iklan