Iklan

iklan

Malam Ini Akan Terjadi Gerhana Bulan

Monday, June 4, 2012 | 6:36:00 PM WIB Last Updated 2012-06-04T11:36:20Z
CIANJUR (KC) Insya Allah malam ini, akan terjadi gerhana bulan yang bisa disaksikan di seluruh tanah air. Lakukan shalat gerhana (khusuf), perbanyak doa, istigfar dan sedekah.
“Gerhana bulan terjadi saat purnama. Jadi, seluruh wilayah yang bisa melihat purnama, bisa melihat gerhana apabila cuaca cerah,”  ujar Profesor Riset Astronomi Astrofisika Lembaga Antariksa dan Penerbangan Nasional (LAPAN), Thomas Djamaluddin, Senin (4/6/2012).
Indonesia bagian Timur menjadi wilayah paling beruntung. Setelah bisa menyaksikan gerhana matahari cincin, wilayah ini bisa melihat proses gerhana secara lengkap dan jelas.
Pada bagian Timur Indonesia, gerhana terjadi sekitar pukul 19.00 hingga 21.06 WIT. Dari lokasi ini bisa melihat gerhana secara jelas karena posisi purnama sudah tinggi saat itu. Carilah lokasi yang tidak terhalang pepohonan dan gedung.
Bagian Tengah wilayah Indonesia juga dapat menyaksikan keseluruhan prosesi gerhana matahari sebagian, sekitar pukul 18.00 hingga 20.06 WITA. Sementara di Wilayah Barat hanya bisa menyaksikan gerhana bulan sebagian. Indonesia bagian Barat tidak bisa melihat semua proses gerhana, karena saat purnama terbit, wilayah Barat akan melihat sisi gelap bulan pada sisi kanan. Sepertiga bagian bulan akan tertutup pada sisi kanan atau selatan purnama.
Anda yang berada di wilayah Barat bisa menyaksikan proses gerhana pada pertengahan hingga akhir.
Senada itu, peneliti bintang dari Observatorium Bosscha, Dr. Moedji Raharto menjelaskan, proses gerhana diawali dengan pergerakan bulan memasuki penumbra pada pukul 15.46 WIB dan memasuki umbra mulai puku16.59 WIB. Gerhana bulan mencapai puncaknya pada pukul 18.00 WIB dan berlangsung hingga pukul 19.07 WIB.
Akhir proses gerhana bulan ditandai dengan pergerakan bulan meninggalkan penumbra pada pukul 20.20 WIB. Gerhana dapat disaksikan dengan mata telanjang di seluruh wilayah Indonesia.(Voa/KC01)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Malam Ini Akan Terjadi Gerhana Bulan

Trending Now

Iklan

iklan