Iklan

iklan

Pemprov Bantu 1 Milyar untuk Pembangunan TPU di Sukaresmi

Sunday, June 17, 2012 | 8:21:00 PM WIB Last Updated 2012-06-17T13:21:35Z
Foto ILUSTRASI : Tempat Pemakaman Umum
SUKARESMI(KC),- Saat ini sedang dipersiapkan lahan seluas hampir 3 hektare di Kampung Cikareo Desa/Kecamatan Sukaresmi yang bakal dijadikan sebagai tempat pemakaman umum (TPU).
Dananya bersumber dari bantuan Pemprov Jabar sekitar Rp1 miliar pada tahun anggaran 2010. Kini proses pembangunannya sedang berjalan meskipun masih dalam tahap perataan dan pemadatan tanah.
Anggota DPRD Jabar dari Fraksi PDI Perjuangan Ing Budiono alias Romo mengatakan dibangunnya TPU di Kecamatan Sukaresmi ini tidak lain untuk mengakomodasi keluhan masyarakat setempat yang menginginkan adanya TPU. Sebab selama ini masyarakat setempat kerap kebingungan akibat minimnya lahan pemakaman.
“Sebagai wakil rakyat di provinsi yang berasal dari dapil Kabupaten Cianjur, Kota, dan Kabupaten Sukabumi, tentunya keluhan dari konstituen ini perlu diakomodasi. Akhirnya Pemprov Jabar menggelontorkan bantuan dana lebih kurang hampir Rp1 miliar untuk membangun TPU di Kecamatan Sukaresmi. Saat ini sedang tahap perataan tanah,” kata Romo yang merupakan anggota Komisi E ini , Minggu (17/6/2012).
Teknisnya, kata Romo, Pemkab Cianjur melalui Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) yang mengurusi termasuk nanti pengelolaannya. Sebagai sebuah TPU, kata Romo, tentunya lahan pemakaman itu diperuntukan bagi siapapun.
“Saya mengharapkan adanya TPU di Kecamatan Sukaresmi ini bisa menjadi solusi mengatasi minimnya lahan pemakaman, khususnya bagi warga setempat. Ke depan, nanti Pemkab Cianjur yang mengelolanya,” pungkas Romo.
Camat Sukaresmi Asep Kusmanawidjaya menyambut baik akan dibangunnya TPU di wilayah Kecamatan Sukaresmi, tentunya diharapkan bisa membantu masyarakat yang ingin memakamkan kerabatnya yang meninggal dunia.
Selain memudahkan akses, keberadaannya diharapkan menjadi solusi minimnya lahan pemakaman umum. “Mudah-mudahan bisa secepatnya dibangun karena akan memudahkan jarak tempuh ke pemakaman umum,” kata Asep saat dihubungi melalui telepon selulernya.(Inilahjabar.com/KC06)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pemprov Bantu 1 Milyar untuk Pembangunan TPU di Sukaresmi

Trending Now

Iklan

iklan