CIANJUR, (KC).- Untuk mencapai target Indeks Pembangunan Manusia (IPM) diperlukan program prioritas pembangunan dengan dana yang cukup dan dukungan masyarakat luas. Demikian ditegaskan Bupati Cianjur Tjetjep Muchtar Soleh disela kegiatan Forum OPD Perencanaan Pembangunan Daerah Tahun 2013, Kamis (08/03/12) di Green Hill Resort Pacet.

"Dengan mempertimbangkan urgensi, efesiensi dan efektifitas perlu diselenggarakan forum OPD. Forum OPD merupakan wahana antarpihak yang langsung atau tidak langsung mendapatkan manfaat atau dampak dari program dan kegiatan OPD sebagai perwujudan dan pendekatan partisipatif perencanaan pembangunan daerah," kata Tjetjep.

Menurut Tjetjep, kebijakan pembangunan daerah sesuai dengan tahapan dalam RPJMD tahun 2011-2016, dalam rangka mewujudkan Cianjur lebih sejahtera dan berakhlakulkarimah mentargetkan  IPM 73,63 dengan rincian indeks pendidikan 84,06 indeks kesehatan 70,56 dan indeks daya beli masyarakat 66,28.

"Makanya dengan adanya Forum OPD bertujuan untuk menyelaraskan program dan kegiatan OPD yang tercakup dalam rancangan renja OPD dengan usulan program dan kegiatan hasil musrenbang RKPD di kecamatan, mempertajam indikator serta target program dan kegiatan OPD sesuai tugas pokok dan fungsi OPD, menyelaraskan program dan kegiatan antar OPD dan menyesuaikan pendanaan program dan kegiatan prioritas berdasarkan pagu indikatif untuk masing-masing OPD," tegasnya.

Pihaknya juga berharap, forum OPD bisa menjadi sebagai wahana sertategis dalam perumusan kebijakan pembangunan secara universal untuk semua tataran serta pemenuhan atas kebutuhan dan harapan masyarakat.

Sementara itu Sekretaris Bappeda Kabupaten Cianjur, Doddy Permadi,mengatakan, Forum OPD ini dilakukan untuk mensinergikan dan verifikasi hasil pelaksanaan musrenbang kecamatan dengan rencana kerja OPD di Lingkungan Pemkab Cianjur untuk rencana pembangunan tahun 2014. Selain itu juga untuk mendapatkan masukan dalam penyempurnaan rancangan awal RKPD yang memuat prioritas pembangunan daerah, pagu indikatif pendanaan berdasarkan fungsi OPD, rancangan alokasi dana desa termasuk dalam pemutakhiran ini adalah informasi mengenai kegiatan yang pendanaannya berasal dari APBD provinsi, APBN dan sumber lainnya dalam kerangka rencana pembangunan tahun 2014.

"Forum OPD juga diharapkan bisa mendapatkan rincian rancangan awal RKA (Rencana Kerangka Anggaran) OPD, khususnya yang berhubungan dengan rencana pembangunan tahun 2014. Serta mendapatkan rincian rancangan awal kerangka regulasi menurut OPD yang berhubungan dengan rencana pembangunan tahun 2014," tegasnya (KC-02)**.
Axact

Kabar Cianjur

Pemimpin Redaksi : Asep Moh. Muhsin, Redaktur Pelaksana : Mustofa, Wartawan/Reporter : Asep M, Iman Sulaiman, Yedi Mulyadi, Ahmad Jaelani, Muhammad Fikri, Produksi TV : Aves Marley.Kantor Redaksi Kabar Cianjur : Jl. Siliwangi Kp. Kebonmanggu Sawahgede Cianjur 085724070444

Post A Comment:

0 comments:

Terima Kasih atas saran, masukan, dan komentar anda.