CIANJUR, (KC).- Tidak adanya kepastian dari Pemkab Cianjur kapan akan diperbaiki, sedikitnya 75 warga dari Kampung Legok, Desa Sukamanah, Kec. Cugenang dan warga Kampung Warungbatu Desa Mekarsari, Kec. Cianjur melakukan gotongroyong membangun saluruan irigasi yang jebol di daerah Seusepan, Desa Sukamanah, Kec. Cugenang, kab. Cianjur, Minggu (3/3/2013).

Sebelumnya saluran irigasi yang mengairi kolam dan hektaran sawah serta untuk kebutuhan warga di daerah Seuseupan, Desa Sukamanah, Kec. Cugenang jebol diterjang banjir bandang meluapnya suangai Cianjur, Jum'at (18/10/2013) dinihari. Akibatnya warga mengalami kesulitan untuk mendapatkan pasokan air.

"Ini inisiatif warga saja, karena tidak adanya kepastian dari pemkab Cianjur kapan akan diperbaiki. Padahal sebenarnya keberadaan saluran irigasi ini sangat penting bagi warga. Banyak warga yang memanfaatkan airnya untuk kebutuhan mandi, cuci dan kakus (MC/K), untuk mengairi kolam ikan dan sawah," kata H. Dedi rukiyat (43) warga Kampung Legok, Desa Sukamanah.

Kegiatan gotong royong yang dilakukan warga tersebut dilaksanakan untuk memasang boronjong sebagai penahan. Untuk kebutuhan materialnya dikumpulkan warga secara patungan. "Semuanya hasil dari sumbangan warga, termasuk untuk beli batu dan boronjong. Warga yang berharap agar saluran irigasi itu bisa kembali berfungsi," katanya.

Pemasangan boronjong yang dilakukan dipertemuan antara suangai Cianjur di daerah Seseupan Desa Sukamanah itu diperkirakan baru akan selesai untuk sepekan kedepan. "Saat ini baru terpasang sekitar 12 boronjong dan dibutuhkan sekitar 30 boronjong. Mudah-mudahan saja semuanya bisa berjalan lancar sesuai yang diharapkan," katanya (KC-02)**.
Axact

Kabar Cianjur

Pemimpin Redaksi : Asep Moh. Muhsin, Redaktur Pelaksana : Mustofa, Wartawan/Reporter : Asep M, Iman Sulaiman, Yedi Mulyadi, Ahmad Jaelani, Muhammad Fikri, Produksi TV : Aves Marley.Kantor Redaksi Kabar Cianjur : Jl. Siliwangi Kp. Kebonmanggu Sawahgede Cianjur 085724070444

Post A Comment:

2 comments:

  1. kumaha berita teh? maenya tanggal 18/10/2013, pan bulan 3 oge encan tamat....

    BalasHapus

Terima Kasih atas saran, masukan, dan komentar anda.