CIANJUR, (KC).- Forum Pengurus Karangtaruna Kabupaten Cianjur (FPKT) Kab. Cianjur, mengapresiasi pemberdayaan Karangtaruna di Kecamatan Cidaun khususnya dibidang perternakan. Saat ini FPKT Cidaun telah melaksanakan pemberdayaan dibidang perternakan sapi potong, ternak kerbau dan domba, serta kambing.

"Ini merupakan hasil positif yang tentunya harus ditiru dan dicontoh oleh pengurus FPKT di tiap-tiap kecamatan yang ada di Kabupaten Cianjur. Apa yang dilakukan Karangtaruna Cidaun yang melakukan pemberdayaan dibidang peternakan merupakan sebuah prestasi," kata Ketua FPKT Kabupaten Cianjur, H Irvan Rivano Muchtar seusai memberikan sambutan pada acara Jambore Karangtaruna Kabupaten Cianjur, di alun-alun Cidamar, Kec. Cidaun, Kab.Cianjur, Kamis (4/4/2013).

Menurutnya, berdasarkan data dari sensus peternakan Badan Statistik pada bulan Juni 2011, serta berdasarkan data statistik dari Dinas Perternakan Perikanan dan Kelautan Cianjur tahun 2011, di Kecamatan Cidaun terdapat 1.477 ekor sapi potong, 1.701 ekor ternak kerbau, 7.718 ekor ternak kambing dan 27.637 ekor domba.

"Ini merupakan potensi yang harus dibina dan dilestarikan. Tentunya hal ini bisa terwujud apabila dikelola secara baik," ujarnya.

Dia menjelaskan, pengelolaan ternak secara baik tentunya terkait dengan beberapa aspek. Di antaranya, sumber daya manusia baik peternak maupun petugas (pemerintah atau swasta). "Peranan petugas memberi motivasi, sosialisasi kepada peternak dan sebagai tenaga paramedis yang bertugas menjaga, mencegah dan mengobati agar ternak selalu terjaga kesehatannya, sehingga ternak mampu memproduksi dengan optimal," tegasnya.

Pemberdayaan Karangtaruna dibidang perternakan kata Irvan, dapat memperoleh manfaat. Seperti produktifitas ternak akan meningkat, dapat meningkatkan Indek Pembangunan Manusia khususnya daya beli masyarakat. "Karangtaruna juga akan mendapatkan keuntungan dari jasa pelayanan kesehatan hewan dan usaha sarana prasarana produksi peternakan yang diberikan kepada para peternak," paparnya.

Pada kesempatan tersebut Ketua FPKT Kab Cianjur juga memberikan bantuan obat-obatan untuk para perternak. Hal itu bertujuan untuk memberikan motivasi serta modal usaha untuk pemberdayaan anggota Karangtaruna. Selain itu, juga dilaksanakan penanaman pohon di bibir pantai Jayanti Cidamar, Kec. Cidaun, dan penyerahan  penghargaan Lencana Aditiya kepada Camat Takokak, Ahmad Mutawali dan Desa Cidamar yang paling berperan aktif membantu program-program Karangtaruna.

Sementara itu Ketua FPKT Kec. Cidaun, Bambang Rudiyanto mengungkapkan, ada tiga desa yang mengembangkan peternakan domba, sapidan kerbau. Ketiga desa tersebut Desa Cidamar, Desa Gelar Pawitan dan Desa Karyabakti. "Kedepannya kami akan meningkatkan pemberdayaan ekonomi lainnya di desa lain, dengan tujuan Karangtaruna Cidaun dapat mandiri melalui berbagai kegiatan wirausaha," tegasnya (KC-02)**.
Axact

Kabar Cianjur

Pemimpin Redaksi : Asep Moh. Muhsin, Redaktur Pelaksana : Mustofa, Wartawan/Reporter : Asep M, Iman Sulaiman, Yedi Mulyadi, Ahmad Jaelani, Muhammad Fikri, Produksi TV : Aves Marley.Kantor Redaksi Kabar Cianjur : Jl. Siliwangi Kp. Kebonmanggu Sawahgede Cianjur 085724070444

Post A Comment:

0 comments:

Terima Kasih atas saran, masukan, dan komentar anda.