CIANJUR, (KC).- Kasus gugat cerai dilingkungan Pegawai Ngeri Sipil (PNS) di Kab. Cianjur terbilang cukup tinggi. Salah satu alasan yang menonjol PNS yang mangajukan cerai tersebut adalah faktor ekonomi.

Bagi PNS yang mengajukan gugat cerai tidaklah mudah. Mereka terlebih dahulu harus mengajukan ijin kedinasan. Itupun belum tentu langsung mendapatkan ijin untuk gugat cerai. Harus melalui beberapa tahapan yang harus dilalui.

"Bagi PNS yang mau bercerai dengan pasangannya dan yang akan beristri lebih dari satu harus mendapatkan ijin yang berwenang. Semua itu ada aturanya. Khusus yang mau bercerai prosesnya juga tidak mudah, harus melalui beberapa tahapan untuk mendapatkan ijin," kata Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan Disiplin dan Penghargaan Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Kab. Cianjur, Deden Supriyadi M, Rabu (24/4/2013).

Menurut Deden, selama kurun 2013 setidaknya sudah ada 6 PNS yang mengajukan ijin untuk bercerai. Dari 6 PNS yang mengajukan gugat cerai, baru 4 yang sudah diproses. Bahkan ada diantaranya yang sudah 1 tahun, tapi belum selesai prosesnya.

"Setelah kita terima pengajuan, kita langsung ambil langkah-langkah termasuk memanggil kedua belah pigak untyuk kita lakukan BAP (Berita Acara Pemeriksaan kenapa dan alasan apa mereka bercerai. Ini yang kadangkala sulit, biasanya salah satu susah kita hadirkan dan itu memakan waktu yang tidak sebentar," katanya.

Setelah dilakukan on the spot terhadap kedua belah pihak, baru dilakukan pengkajian untuk memberikan ijin atau tidak. "Itu prosesnya yang harus ditempuh. Memang ada yang cepat ada pula yang memakan waktu. Saat ini juga ada seorang PNS yang sudah mengajukan ijin itu sampai 1 tahun, tapi masih dalam proses. Karena istrinya masih berada diluar negeri," katanya.

Dari beberapa PNS yang mengajukan gugat cerai ternyata alasan klasiknya adalah faktor ekonomi yang menjadi penyebab utama hubungan keluarganya yang kurang harmonis. "Mayoritas alasan ekonomi, para PNS yang mengajukan gugat cerai itu," jelasnya (KC-02)**.
Axact

Kabar Cianjur

Pemimpin Redaksi : Asep Moh. Muhsin, Redaktur Pelaksana : Mustofa, Wartawan/Reporter : Asep M, Iman Sulaiman, Yedi Mulyadi, Ahmad Jaelani, Muhammad Fikri, Produksi TV : Aves Marley.Kantor Redaksi Kabar Cianjur : Jl. Siliwangi Kp. Kebonmanggu Sawahgede Cianjur 085724070444

Post A Comment:

0 comments:

Terima Kasih atas saran, masukan, dan komentar anda.