Iklan

iklan

Minat Menjadi Anggota Panwas Pileg Sangat Tinggi, Para Pendaftar "Serbu" Kantor Panwaslu Cianjur

Friday, April 19, 2013 | 7:37:00 AM WIB Last Updated 2013-04-19T00:42:02Z
CIANJUR, (KC).- Kantor Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kab. Cianjur di jalan raya Bandung, Sadewata, Kec. Karangtengah, Kab. Cianjur, sudah dua hari terakhir diserbu para pendaftar yang ini menjadi calon anggota Panwaslu Kecamatan pada Pemilihan Umum Anggota DPR, DPD, DPRD tahun 2014. Akibatnya banyak calon pendaftar yang terpaksa harus antri bergiliran dalam menyampaikan berkas lamaran.

Ketua Panwaslu Kab. Cianjur Saepul Anwar tidak menampik kondisi tersebut. Antusiasme pelamar calon anggota Panwaslu Kecamatan untul Pemilihan Umum Legislatif (Pileg)terbilang cukup tinggi. Pada hari pertama dibuka pendaftaran Rabu (17/4/2013) jumlah pendaftar yang telah menyampaikan berkas mencapai  67 orang. Sementara hingga hari kedua Kamis (18/4/2013) pendaftar masih terus berdatangan.

"Antusias masyarakat yang berminat menjadi Panwaslu saat ini cukup besar. Itu bisa dilihat dari jumlah pendaftar yang cukup banyak, dihari pertama saja sudah mencapai jumlah 67 orang, sementara kami membuka kesempatan untuk menerima berkas selama empat hari, yakni sejak tanggal 17 hingga 20 April 2013 mendatang," kata Saepul Anwar, Kamis (18/4/2013).

Meski pendaftar membludak, pihaknya tetap mengajak seluruh masyarakat yang memenuhi syarat untuk ikut mendaftar sebagai calon anggota Panwaslu Kecamatan. "Semua memiliki peluang dan kesempatan yang sama untuk berpartisipasi melaksanakan tugas negara mengawal pesta demokrasi agar tercapainya asas penyelenggaraan Pemilu yang langsung, umum, bebas dan rahasia serta jujur dan adil," katanya.

Setelah seluruh berkas pendaftar diterima, pihaknya akan segera melakukan pemeriksaan berkas dan mengumumkan daftar nama peserta yang dinyatakan lulus administrasi. Para pendaftar yang dinyatakan lulus administrasi berhak mengikuti seleksi tahap selanjutnya yakni seleksi tertulis.

"Seleksinya ada beberapa tahap diantarantaranya tahap pertama seleksi administrasi, tahap kedua seleksi tertulis, tahap ketiga seleksi ketelitian, dan terakhir tahap keempat seleksi wawancara atau fit and propertest," katanya.

Seluruh pendaftar yang masuk juga akan dijaring pada tahap kedua dan ketiga menjadi enam besar. Kemudian pada tahap keempat akan menyaring menjadi tiga besar yang akan dikukuhkan dan ditetapkan sebagai anggota Panwaslu Kecamatan, untuk melaksanakan fungsi pengawasan dalam Pemilihan Umum DPR, DPD dan DPRD tahun 2014.

"Kita harapkan hasil seleksi nanti mendapatkan hasil yang terbaik. Anggota Panwaslu Kecamatan yang memiliki dedikasi dan memiliki rasa tanggungjawab yang tinggi terhadap tugas yang diembannya," katanya (KC-02)**.
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Minat Menjadi Anggota Panwas Pileg Sangat Tinggi, Para Pendaftar "Serbu" Kantor Panwaslu Cianjur

Trending Now

Iklan

iklan