CIANJUR, (KC).- Pembangunan di 17 kecamatan diwilayah selatan Cianjur terbilang tertinggal dengan pembangunan diwilayah kecamatan bagian utara. Bahkan wilayah selatan tak ubahnya seperti "terbengkalai".

Demikian ditegaskan Ketua Dewan Pendiri E-Institute, Saep Lukman, Jum'at (19/4/2013). E-Institute adalah semacam lembaga pemikiran dan kajian pembangunan dengan konsentrasi pada perjuangan politik kawasan tertinggal seperti terjadi di Cianjur Selatan.

Dikatakan Saep, tuntutan warga agar terjadi pemerataan pembangunan untuk Cianjur Selatan memang sangat logis. Sebab selama ini berdasarkan catatan yg dimilikinya dukungan anggaran untuk pembangunan di wilayah Cianjur selatan sangat minim.

"Kita selalu berharap APBD Cianjur bisa adil untuk kawasan Cianjur Selatan, namun karena keterbatasan dan rendahnya dukungan politik terkadang sulit untuk diperjuangkan," kata Saep.

Padahal menurut Saep, apa yang tidak ada di Cianjur Selatan. Kekayaan alamnya melimpah, lahannya subur dan perut buminya pun mengandung aneka bahan tambang.

"Hanya eksplorasinya tak pernah serius. Sehingga kekayaan alam yg berlimpah itu belum memberikan keuntungan sebesar-besarnya bagi warga," ujar Saep.

Salah satu yg paling penting lanjut Saep, untuk membuka kawasan Cianjur Selatan adalah perbaikan infrstruktur. Sebab lebih dari 60 persen jalan-jalan di Cianjur selatan kondisinya rusak parah.

"Kita memang paham benar, APBD Cianjur belum berorientasi pada pengembangan kawasan dengan fokus yang jelas. Sederhananya perlu ada dukungan kuat dari semua pihak agar APBD benar-benar pro-rakyat, " ujar Saep yg juga Ketua Departemen Energi Sumber Daya Mineral dan Lngkungan Hidup DPD PDI Perjuangan Jabar ini.

Satu-satunya cara agar Cianjur Selatan berkembang adalah pemekaran itu sendiri. Dengan modal sumber daya alam yang memadai, pihaknya yakin Cianjur Selatan layak jadi kabupaten. "Saya berharap 2020 Cianjur Selatan bisa menjadi Kabupaten yang mandiri, itu mimpi saya," katanya (KC-02)**.
Axact

Kabar Cianjur

Pemimpin Redaksi : Asep Moh. Muhsin, Redaktur Pelaksana : Mustofa, Wartawan/Reporter : Asep M, Iman Sulaiman, Yedi Mulyadi, Ahmad Jaelani, Muhammad Fikri, Produksi TV : Aves Marley.Kantor Redaksi Kabar Cianjur : Jl. Siliwangi Kp. Kebonmanggu Sawahgede Cianjur 085724070444

Post A Comment:

0 comments:

Terima Kasih atas saran, masukan, dan komentar anda.