Iklan

iklan

BPPTPM Kekurangan Tempat Penyimpanan Arsip

Monday, May 20, 2013 | 4:41:00 AM WIB Last Updated 2013-05-19T21:41:43Z
CIANJUR, (KC).- Arsip dokumen milik Badan Pelayanan Perizinan Terpadu dan Penanaman Modal (BPPTPM)Kabupaten Cianjur, terancam rusak dan terbakar akibat minimnya tempat penyimpanan. Kalaupun ada kondisinya sangat memprihatinkan dan tidak layak sebagai tempat penyimpanan dokumen penting.       

Berdasarkan pantauan, ribuan arsip berbagai perijinan itu terlihat berserakan dibeberapa tempat. Tidak semua arsip penting itu tersimpan didalam lemari. Kondisi tersebut sangat rentan untuk rusak bahkan hilang. 
           
Salah seorang staf perizinan Rohman Efendi mengatakan, ruang arsip yang ada saat ini sudah penuh dengan seluruh domuken perijinan seperti SIUP Tanda Daftar Perusahaan (TDP), Ijin Gangguan (HO), IMB, serta Izin Usaha Jasa Kontruksi (IUJK).
           
"Kalau ditanya jumlahnya pasti ribuan. Karena setiap tahunnya ada saja arsip yang masuk. Sementara ruangannya atau tempat penyimpanannya kurang, sehingga terpaksa sebagian lagi di simpan di luar, ditumpuk-tumpuk di atas lemari,” terangnya.
           
Sementara itu, Kepala Badan Pelayanan Perijinan Terpadu dan Penanaman Modal Pemkab Cianjur, Endang Suhendar mengaku, meski kondisinya memprihatinkan, pihaknya menyiapkan back up dokumen. Hal itu dilakukan untuk antisipasi hal yang tidak diinginkan.

"Kita tidak menampik, memang sarana dan prasarana yang kita miliki saat ini sangat berkurang. Apalagi bangunan yang kita pakai saat ini saja sebenarnya milik Dinas Pendidikan," kata Endang.

Kendati sarana dan prasaranya terbatas, pihaknya tetap berupaya agar arsip atau dokumen yang disimpanya dalam kondisi aman. Pihaknya mengaku telah mengajukan penambahan sarana dan prasarana, namun keterbatasan anggaran menjadi kendala.
           
"Idealnya satu jenis dokumen perijinan, disimpan dalam satu lemari atau bisa itungan pertahun dokumen yang masuk. Selain memback up dokumen yang ada, antisipasi lain untuk menjaga dokumen dilakukan dengan pemeriksaan sebulan sekali agar diketahui kondisinya," katanya (KC-02/rs)**.
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • BPPTPM Kekurangan Tempat Penyimpanan Arsip

Trending Now

Iklan

iklan