CIANJUR, (KC).- Kabupaten Cianjur, menerima penghargaan peringkat pertama kinerja pemungutan dan pengelolaan adminsitrasi PBB Sektor Perdesaan dan Perkotaaan (P2) Tahun 2012 tingkat Provinsi Jawa Barat.  Kabupaten Cianjur dinilai memiliki kesadaran dan partisipasi masyarakat dalam pembayaran PBB cukup baik.           

Bupati Cianjur, Tjetjep Muchtar Soleh mengatakan, atas partisipasi masyarakat di Kabupaten Cianjur, dalam pembangunan daerah yang diwujudkan dengan pemenuhan kewajiban pembayaran PBB, serta kerjasama dan bantuan semua pihak dalam pemungutannya. Sehingga, untuk pertama kalinya Kabupaten Cianjur meraih Peringkat Pertama dalam Kinerja Pemungutan dan Pengelolaan Administrasi PBB Sektor Perdesaan dan Perkotaaan Tahun 2012 berdasarkan penilaian yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

"Kami memberikan apresiasi yang setinggi-tinggi kepada seluruh masyarakat Cianjur utamanya yang bayar pajak bumi dan bangunan (PBB), sehingga Kabupaten Cianjur bisa memperoleh penghargaan yang membanggakan ini. Semua ini untuk masyarakat Cianjur," kata Tjetjep, Jum'at (17/5/2013).

Pihaknya menghimbau, seluruh elemen masyarakat untuk selalu taat dan tepat waktu dalam membayar pajak. Karena, pajak merupakan salah satu sumber pembiayaan pembangunan di Kabupaten Cianjur. "Pembayaran pajak yang lancar tentu akan memperlancar juga pembangunan berbagai sarana dan prasarana serta fasilitas yang berguna untuk kepentingan masyarakat di Kabupaten Cianjur," katanya.

Pemberian penghargaan tersebut diserahkan oleh Gubernur Jawa Barat pada acara penyerahan penghargaan atas kinerja pengelolaan pemungutan dan administrasi PBB sektor perdesaan dan perkotaan tahun 2012 kepada Kabupaten/Kota Madya se-Jawa Barat, di Provinsi Jawa Barat, Jum'at (17/5/2013).
           
Berdasarkan data yang ada realisasi penerimaan PBB P2 tahun 2012 di Kab. Cianjur tercatat sebesar Rp. 34,7 milyar atau 205% dari rencana penerimaan sebesar Rp. 16,9 milyar, mengalami peningkatan penerimaan sebesar Rp. 1,8 milyar atau 5,5% dari tahun 2011.

Rencana penerimaan (target) PBB P2 Kabupaten Cianjur Tahun 2013 yang telah ditetapkan oleh Dirjen Pajak tercatat sebesar Rp57,6 milyar naik sebesar Rp40,7 milyar atau 241% , hal tersebut bila dibandingkan dengan rencana penerimaan tahun 2012.
           
Sementara itu, Kepala Dinas Perpajakan Daerah (Disperda) Kabupaten Cianjur, Dadan Harmilan mengatakan, persiapan pengalihan PBB P2 menjadi pajak daerah, saat ini Pemkab Cianjur telah mempersiapkan berbagai aspek, diantaranya Perda, SOP, peraturan lainnya, penyesuaian kelembagaan, SDM, sarana prasarana, teknologi, serta kerja sama dengan perbankan dan pihak terkait lainnya.

"Kita melakukan persiapan ini dilaksanakan dengan serius dan hati-hati, karena objek pajak PBB-nya mencapai lebih dari 1 juta objek pajak, serta sebaran wilayah administratif yang luas mencakup 32 kecamatan, 6 kelurahan, dan 354 desa," tandasnya (KC-02)**.
Axact

Kabar Cianjur

Pemimpin Redaksi : Asep Moh. Muhsin, Redaktur Pelaksana : Mustofa, Wartawan/Reporter : Asep M, Iman Sulaiman, Yedi Mulyadi, Ahmad Jaelani, Muhammad Fikri, Produksi TV : Aves Marley.Kantor Redaksi Kabar Cianjur : Jl. Siliwangi Kp. Kebonmanggu Sawahgede Cianjur 085724070444

Post A Comment:

0 comments:

Terima Kasih atas saran, masukan, dan komentar anda.