CIANJUR, (KC).- Ratusan siswa mulai dari SD/SMP/SMK di lingkup Islamic Centre Cianjur menggelar shalat gerhana yang dilaksanakan di masjid Al Mujahidin di areal komplek Islamic Centre Jalan Dr. Muwardi (By Pass) Cianjur, Jum'at (10/5/2013).

Shalat gerhana tersebut merupakan salah satu upaya pendidikan kepada para siswa untuk semakin meningkatkan ketaqwaan kepa Allah SWT. "Mudah-mudahan apa yang kita laksanakan ini menjadi satu pendidikan berharga bagi para siswa untuk senantiasa mendekatkan diri pada Allah SWT," kata Ustad Didi yang menjadi Imam dalam shalat sunat gerhana.

Dikatakan Ustad Didi dalam khotbahnya, gerhana matahari yang terjadi saat ini merupakan salah satu bukti kebesaran Allah SWT. Gerhana bukan suatu bentuk bahwa matahari ditelan oleh naga karena sedang marah. "Itu hanya dongeng saja, jangan percaya dengan hal-hal seperti itu. Adanya gerhana matahari merupakan satu bukti kebesaran Islam. Islam mengajarkan ilmu pengetahuan bukan dongeng," katanya.

Sebagai umat Islam kata Ustad Didi, harus selalu percaya dan yakin bahwa terjadinya gerhana sudah diatur sedemikian rupa. "Kita sebagai umat islam harus percaya terhadap firman Allah SWR, gerhana bulan dan alam semesta ini sudah diatur Allah SWT. Dengan adanya gerhana ini kita bisa semakin mendekatkan diri. Umat islam disunatkan utk melaksanakan shalat gerhana. Sebaiknya dilaksanakan oleh bersama-sama dan banyak berbuat amal," tegasnya.

Sementara itu ratusan siswa dari mulai SD hingga SMK dilingkungan Islamic Centre Cianjur itu terlihat antusias mengikuti shalat sunat gerhana. Ratusan siswa itu terlihat antri mengambil air wudhu. Beberapa diantaranya terpaksa harus berwudhu keluar lantaran tempat wudhu yang ada terbatas.

Meski demikian tidak mengurangi semangat mereka. Sebelum dilaksanakan shalat imam masjid Ustad Didi memberikan penjelasan mengenai tata cara shalat sunat gerhana. Diantaranya bahwa shalat sunat gerhana tidak beda jauh dengan shalat sunat lainya. Hanya saja dalam shalat sunat gerhana matahari ini setiap rakaatnya rukuk dan I'tidalnya dua kali sebelum sujud.

Setelah memberitahukan cara-cara shalat gerhana, tepat pada pukul 07.00 WIB, shalat sunat gerhana di lingkup Islamic Centre yang diikuti ratusan siswa dan guru itu dilaksanakan. Tapi masih ada saja para siswa yang menjadi pesertanya salah dalam melaksanakannya saat melakukan ruku'. Namun secara umum shalat sunat gerhana itu berlangsung tertib dan lancar (KC-02)**.
Axact

Kabar Cianjur

Pemimpin Redaksi : Asep Moh. Muhsin, Redaktur Pelaksana : Mustofa, Wartawan/Reporter : Asep M, Iman Sulaiman, Yedi Mulyadi, Ahmad Jaelani, Muhammad Fikri, Produksi TV : Aves Marley.Kantor Redaksi Kabar Cianjur : Jl. Siliwangi Kp. Kebonmanggu Sawahgede Cianjur 085724070444

Post A Comment:

0 comments:

Terima Kasih atas saran, masukan, dan komentar anda.