CIANJUR, (KC).- Belum disampaikannya salinan berkas Daftar Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) oleh empat partai politik (parpol) peserta Pemilihan Umum (Pemilu) 2014 ke Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Paswaslu) Kab. Cianjur diduga ada unsur kesengajaan. Parpol diduga menyembunyikan informasi bacalegnya.

Ketua Panwaslu Kab. Cianjur Saepul Anwar mengatakan, ke empat parpol yang belum menyerahkan salinan bacaleg ke Panwaslu Kab. Cianjur tersebut adalah Partai Gerindra, PAN, PPP dan PBB. "Ironisnya Komisi Pemilihan Umum (KPU) Cianjur pun melakukan hal serupa tidak memberikan tembusan salinan kepada Panwaslu, sehingga dengan tidak adanya salinan daftar bacaleg dari masing-masing parpol, menyulitkan Panwaslu untuk melakukan pengawasan aktif terkait dengan persyaratan administrasi calon," kata Saepul, Selasa (7/5/2013).

Menurut Saepul, sebenarnya pihak Panwaslu ingin membantu KPU untuk melakukan langkah-langkah aktif pencegahan terhadap indikasi pelanggaran administratif yang mungkin terjadi pada tahapan pencalonan. Salah satu bahan dasar bisa dilakukannya pencegahan tersebut adalah dengan melakukan pengecekan terhadap nama-nama yang diduga ada nama-nama yang bermasalah.

"Kami tidak berharap ada pelanggaran hukum dalam proses pendaftaran bakal calon, sehingga langkah-langkah pencegahan yang dilakukan Panwaslu Cianjur sesuai dengan konsef strategi Bawaslu RI adalah sangat tepat. Namun hal tersebut masih kurang mendapat respont positif baik dari KPU maupun peserta pemilu itu sendiri," tegas Saepul.

Langkah pencegahan kata Saepul, sangat tepat dilakukan, mengingat apabila sudah menjadi bentuk pelanggaran hukum, tidak hanya akan mengganggu konsentrasi kerja KPU dalam melaksanakan program kerja tahapan, termasuk akan banyak pihak yang ikut dilibatkan dalam rangka menyelesaikan proses hukum tersebut.
"Untuk itulah kami menghimbau kepada KPU maupun peserta Pemilu 2014, untuk turut serta proaktif melakukan mencegahan terhadap indikasi-indikasi pelanggaran disemua tahapan termasuk pada tahapan pencalonan ini,” tegasnya (KC-02)**.
Axact

Kabar Cianjur

Pemimpin Redaksi : Asep Moh. Muhsin, Redaktur Pelaksana : Mustofa, Wartawan/Reporter : Asep M, Iman Sulaiman, Yedi Mulyadi, Ahmad Jaelani, Muhammad Fikri, Produksi TV : Aves Marley.Kantor Redaksi Kabar Cianjur : Jl. Siliwangi Kp. Kebonmanggu Sawahgede Cianjur 085724070444

Post A Comment:

0 comments:

Terima Kasih atas saran, masukan, dan komentar anda.