CIANJUR, [KC].- Salah satu upaya dan bentuk pencegahan dan penanganan terhadap terjadinya bencana alam adalah dengan membangun jejaring. Jejarang menjadi salah satu kekuatan. Semakin banyak jajaring semakin cepat informasi.

Demikian ditegaskan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Asep Achmad Suhara Minggu (9/6/2013). Menurut Asep, saat ini pihaknya terus melakukan upaya pencegahan dengan melakukan sosialisasi terhadap di beberapa wilayah yang berpotensi terjadi bencana alam.

"Kita terus membangun jejaring itu, terutama dibeberapa wilayah yang rentan terjadi bencana alam. Harapan kita bila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan bisa segera dengan cepat menyampaikan informasi sehingga akan mempermudah dalam melakukan penanganan," katanya.

Sementara itu menanggapi masalah pergerakan tanah yang sempat terjadi beberapa bulan lalu di Ciloto, Asep menegaskan, masalah Ciloto, terkendala pendanaan karena harus ada komonikasi intensif terkait masalah tempat terutama tidak mungkin jauh dari tempat mereka tinggal saat ini bila di relokasi.

"Relokasi pada prinsipnya tidak boleh membunuh mata pencahariannya. Jangan menambah beban buat mereka yang saat ini sudah terbebani akibat tanah yang menjadi tempat mereka terancam amblas," tegas.

Dikatakan Asep, menurut Badan Geologi terkait pergerakan tanah di Ciloto, sepanjang ada upaya rekasaya tekhnis, sepanjang jalur air permukaan tidak masuk ke air tanah itu bisa diupayakan. Disitu ada perbuatan mitigasi testruktur, seperti pembuatan air dibawah dan sudah ditembok

"Kami juga sudah meminta Puncak Pass Hotel, untuk mengendalikan. Kalau air tidak masuk ke dalam tanah sudah bisa dihindari. Kedepan pohon pinus yang tinggi akan mempercepat getaran tanah. Kami sudah meminta penebangan dan peremajaan dengan pohon yang akarnya kuat," katanya.

Melihat cuaca seperti saat ini Lanjut Asep, sebenarnya tidak harus relokasi, karena sudah mulai masuk musim kering. "Insya Allah tidak akan terjadi lagi pergerakan tanah. Yang kita upayaka terus bagaimana air permukaan tidak masuk ke tanah sehingga tidak terjadi pergerakan," paparnya [KC-02]**.
Axact

Kabar Cianjur

Pemimpin Redaksi : Asep Moh. Muhsin, Redaktur Pelaksana : Mustofa, Wartawan/Reporter : Asep M, Iman Sulaiman, Yedi Mulyadi, Ahmad Jaelani, Muhammad Fikri, Produksi TV : Aves Marley.Kantor Redaksi Kabar Cianjur : Jl. Siliwangi Kp. Kebonmanggu Sawahgede Cianjur 085724070444

Post A Comment:

0 comments:

Terima Kasih atas saran, masukan, dan komentar anda.