Iklan

iklan

Kereta Api Cianjur-Bandung Akan Beroperasi Lagi

Tuesday, June 4, 2013 | 8:52:00 PM WIB Last Updated 2013-06-04T13:52:04Z
CIANJUR (KC),- KA ekonomi Bandung-Cianjur yang saat ini tidak beroperasi karena alasan teknis beberapa pekan lagi akan dioperasikan kembali, hal ini dipertegas oleh .PT Kereta Api (PTKA) Daop II Bandung .

"Rencananya dalam waktu dekat akan dilakukan uji coba jalur dengan menggunakan lokomotif jenis CC, sebelumnya menggunakan lokomotif BB yang sudah uzur," kata Kepala Humas PTKA Daop II Bandung Bambang Setya Prayitno di Bandung, Selasa (4/6).

Tidak disebutkan kapan KA Bandung-Cianjur itu akan diuji coba dengan ditarik menggunakan lokomotif yang lebih bertenaga. Jalur itu selama ini belum dilintasi oleh lokomotif jenis itu, yang bobotnya lebih berat dibandingkan lokomotig jenis BB.

Menurut Bambang, jalur itu masih ditunggu oleh para pengguna KA yang sebelumnya menggunakan jalur itu untuk kepentingan berdagang ke Kota Bandung. Bahkan tidak menutup kemungkinan KA tersebut tidak hanya melayani jalur Cianjur-Ciroyom, Bandung, namun juga hingga ke kawasan perdagangan Pasar Induk Gedebage.

"Setelah uji coba lokomotif, selanjutnya akan dilakukan uji coba dengan rangkaian panjang. Saat ini masih ada kendala kelandaian jalur di kawasan Cipatat ada kelokan dan tanjakan. Namun secara umum cukup aman," tutur Bambang.

Jalur Bandung-Cianjur, kata Bambang diharapkan segera tersambung ke jalur Cianjur-Sukabumi yang masih menunggu serah terima operasional jalur itu. Sedangkan untuk mempersiapkan jalur Cianjur-Bandung, menurut dia saat ini Satker dari Kementerian Perhubungan tengah melakukan perbaikan sistem persinyalan yang rusak di sejumlah titik.

"Sistem persinyalan dilakukan perbaikan, dan diharapkan bisa segera dilintasi KA lagi," tambah Bambang. Jalur Bandung-Cianjur selain jalur perdagangan juga merupakan jalur KA wisata menuju ke kawasan obyek wisata Situs Gunung Padang yang merupakan situs megalitikum tertua di Indonesia.(KC.01/Ant)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kereta Api Cianjur-Bandung Akan Beroperasi Lagi

Trending Now

Iklan

iklan