CIANJUR (KC),- KA ekonomi Bandung-Cianjur yang saat ini tidak beroperasi karena alasan teknis beberapa pekan lagi akan dioperasikan kembali, hal ini dipertegas oleh .PT Kereta Api (PTKA) Daop II Bandung .

"Rencananya dalam waktu dekat akan dilakukan uji coba jalur dengan menggunakan lokomotif jenis CC, sebelumnya menggunakan lokomotif BB yang sudah uzur," kata Kepala Humas PTKA Daop II Bandung Bambang Setya Prayitno di Bandung, Selasa (4/6).

Tidak disebutkan kapan KA Bandung-Cianjur itu akan diuji coba dengan ditarik menggunakan lokomotif yang lebih bertenaga. Jalur itu selama ini belum dilintasi oleh lokomotif jenis itu, yang bobotnya lebih berat dibandingkan lokomotig jenis BB.

Menurut Bambang, jalur itu masih ditunggu oleh para pengguna KA yang sebelumnya menggunakan jalur itu untuk kepentingan berdagang ke Kota Bandung. Bahkan tidak menutup kemungkinan KA tersebut tidak hanya melayani jalur Cianjur-Ciroyom, Bandung, namun juga hingga ke kawasan perdagangan Pasar Induk Gedebage.

"Setelah uji coba lokomotif, selanjutnya akan dilakukan uji coba dengan rangkaian panjang. Saat ini masih ada kendala kelandaian jalur di kawasan Cipatat ada kelokan dan tanjakan. Namun secara umum cukup aman," tutur Bambang.

Jalur Bandung-Cianjur, kata Bambang diharapkan segera tersambung ke jalur Cianjur-Sukabumi yang masih menunggu serah terima operasional jalur itu. Sedangkan untuk mempersiapkan jalur Cianjur-Bandung, menurut dia saat ini Satker dari Kementerian Perhubungan tengah melakukan perbaikan sistem persinyalan yang rusak di sejumlah titik.

"Sistem persinyalan dilakukan perbaikan, dan diharapkan bisa segera dilintasi KA lagi," tambah Bambang. Jalur Bandung-Cianjur selain jalur perdagangan juga merupakan jalur KA wisata menuju ke kawasan obyek wisata Situs Gunung Padang yang merupakan situs megalitikum tertua di Indonesia.(KC.01/Ant)
Axact

Kabar Cianjur

Pemimpin Redaksi : Asep Moh. Muhsin, Redaktur Pelaksana : Mustofa, Wartawan/Reporter : Asep M, Iman Sulaiman, Yedi Mulyadi, Ahmad Jaelani, Muhammad Fikri, Produksi TV : Aves Marley.Kantor Redaksi Kabar Cianjur : Jl. Siliwangi Kp. Kebonmanggu Sawahgede Cianjur 085724070444

Post A Comment:

4 comments:

  1. Sangat ditunggu oleh para pelanggan PT KAI yang tetap setia !

    BalasHapus
  2. Perbaikan dari mana,, persinyalan z smpe sekarang rusak,,

    BalasHapus
  3. sok atuh geura" diantos. Naik bis ke Cianjur biasa klo Naik kareta mah beda, wararaas make Argo Peuyeum...Klo bisa mah jangan ngararoko, sangat mengganggu kenyamanan

    BalasHapus
  4. Jiga kumaha lokomotif jenis cc teh?
    Hadeh atuh nepi ka geude bage mah !

    BalasHapus

Terima Kasih atas saran, masukan, dan komentar anda.