CIANJUR, [KC].- Kepolisian Republik Indonesia (Polri) menargetkan tahun 2013 sebelum digelar pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 9 April 2013, seluruh desa sudah ada Babinkamtibmas. Sampai saat ini peran Babinkamtibmas belum maksimal mengingat masih banyaknya satu Babinkamtibmas yang memegang beberapa wilayah desa.

"Melihat kondisi sekarang, peran Babinkamtibmas belum idial, karena masih banyak satu Babinkamtibmas yang memegang beberapa wilayah desa. Idialnya satu desa itu ada satu Babinkamtibmas," kata Dir Binmas Baharkam (Badan Pemeliharaan Ketertiban Masyarakat) Polri Brigjen Pol Hengki Kaluara.

Dikatakan Hengki, peran Babinkamtibmas itu saat ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Selain sebagai ujung tombak Polri ditingkat desa, Babinkamtibmas juga berperan untuk melakukan pembinaan terhadap masyarakat.

"Babinkamtibmas itu merupakan front terdepan polisi ditingkat desa dan kelurahan. Tugasnya adalah memberikan pelayanan umum kepolisian yang melihat gejolak ekses di tingkat desa dan kelurahan, jadi tugas pokoknya bukan tugas pokok terbatas," kata Hengki.

Untuk itulah melihat pentingnya peran Babinkamtibmas, Polri akan terus berupaya memaksimalkan peran dan fungsi Babinkamtibmas ditengah-tengah masyarakat. "Kita akan upayakan pada tahun 2013 ini bisa terpenuhi. Semua desa kita upayakan terisi, satu desa satu Babinkamtibmas. Sebelum pemilu mudah-mudahan bisa terisi," katanya.

Untuk mengisi kebutuhan Babinkamtibmas, pihak kepolisian bisa mengikutsertakan dari kesatuan Brimob. "Bisa saja nanti dari Brimob, anggota yang memiliki kemampuan sesuai dengan kebutuhan bisa kita tempatkan menjadi Basbinkamtibmas. Dengan demikian pelayanan masyarakat di desa bisa semakin meningkat," katanya.

Sementara itu di Kabupaten Cianjur hingga saat ini baru 247 desa dari 360 desa yang sudah terisi Babinkamtibmasnya. "Kalau Cianjur sudah cukup bagus, sudah diatas 50 persen. Itu akan kita upayakan 2013 ini terpenuhi, sedang diupayakan," tegasnya [KC-02]***.
Axact

Kabar Cianjur

Pemimpin Redaksi : Asep Moh. Muhsin, Redaktur Pelaksana : Mustofa, Wartawan/Reporter : Asep M, Iman Sulaiman, Yedi Mulyadi, Ahmad Jaelani, Muhammad Fikri, Produksi TV : Aves Marley.Kantor Redaksi Kabar Cianjur : Jl. Siliwangi Kp. Kebonmanggu Sawahgede Cianjur 085724070444

Post A Comment:

0 comments:

Terima Kasih atas saran, masukan, dan komentar anda.