Iklan

iklan

Dir Binmas Baharkam Polri Brigjen Pol Hengki Kaluara: Babinkamtibmas Ujung Tombak Polisi di Desa

Sunday, July 28, 2013 | 2:52:00 PM WIB Last Updated 2013-07-28T07:52:07Z
CIANJUR, [KC].- Kepolisian Republik Indonesia (Polri) menargetkan tahun 2013 sebelum digelar pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 9 April 2013, seluruh desa sudah ada Babinkamtibmas. Sampai saat ini peran Babinkamtibmas belum maksimal mengingat masih banyaknya satu Babinkamtibmas yang memegang beberapa wilayah desa.

"Melihat kondisi sekarang, peran Babinkamtibmas belum idial, karena masih banyak satu Babinkamtibmas yang memegang beberapa wilayah desa. Idialnya satu desa itu ada satu Babinkamtibmas," kata Dir Binmas Baharkam (Badan Pemeliharaan Ketertiban Masyarakat) Polri Brigjen Pol Hengki Kaluara.

Dikatakan Hengki, peran Babinkamtibmas itu saat ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Selain sebagai ujung tombak Polri ditingkat desa, Babinkamtibmas juga berperan untuk melakukan pembinaan terhadap masyarakat.

"Babinkamtibmas itu merupakan front terdepan polisi ditingkat desa dan kelurahan. Tugasnya adalah memberikan pelayanan umum kepolisian yang melihat gejolak ekses di tingkat desa dan kelurahan, jadi tugas pokoknya bukan tugas pokok terbatas," kata Hengki.

Untuk itulah melihat pentingnya peran Babinkamtibmas, Polri akan terus berupaya memaksimalkan peran dan fungsi Babinkamtibmas ditengah-tengah masyarakat. "Kita akan upayakan pada tahun 2013 ini bisa terpenuhi. Semua desa kita upayakan terisi, satu desa satu Babinkamtibmas. Sebelum pemilu mudah-mudahan bisa terisi," katanya.

Untuk mengisi kebutuhan Babinkamtibmas, pihak kepolisian bisa mengikutsertakan dari kesatuan Brimob. "Bisa saja nanti dari Brimob, anggota yang memiliki kemampuan sesuai dengan kebutuhan bisa kita tempatkan menjadi Basbinkamtibmas. Dengan demikian pelayanan masyarakat di desa bisa semakin meningkat," katanya.

Sementara itu di Kabupaten Cianjur hingga saat ini baru 247 desa dari 360 desa yang sudah terisi Babinkamtibmasnya. "Kalau Cianjur sudah cukup bagus, sudah diatas 50 persen. Itu akan kita upayakan 2013 ini terpenuhi, sedang diupayakan," tegasnya [KC-02]***.
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Dir Binmas Baharkam Polri Brigjen Pol Hengki Kaluara: Babinkamtibmas Ujung Tombak Polisi di Desa

Trending Now

Iklan

iklan