CIANJUR, [KC].-Meski permintaan penggunaan gas elpiji 3 kilogram akan meningkat selama bulan ramadhan, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Cianjur belum berencana mengajukan tambahan kuota elpiji 3 kilogram di wilayah Kab. Cianjur. Disperindag memandang kebutuhan elpiji 3 kilogram masih relatif stabil meski cenderung mengalami kenaikan penggunaannya.

Kepala Bidang Perdagangan Disperindag Kabupaten Cianjur, Yudi Adi Nugroho mengatakan, pada bulan Juli 2013 yang berbarengan masuknya bulan ramadhan, Kab. Cianjur mendapatkan kuota untuk gas elpiji sebanyak lebih kurang 1.191.719 tabung. Hingga pekan pertama bulan ramdhan, belum ada permintaan dari masyarakat untuk tambahan kuota elpiji 3 kilogram.

"Dengan demikian saya rasa kuota yang ada masih mencukupi untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Dengan mendapatkan kuota gas elpiji Kabupaten Cianjur sebanyak 1.191.719 tabung, sepertinya masih cukup untuk memenuhi kebutuhan selama ramadhan," kata Yudi, Minggu (14/7/2013).

Meski belum berencana menambah ajuan kuota gas elpiji, pihaknya mengakui kemungkinan penambahan kuota masih terbuka lebar bersamaan bulan ramadhan. Apalagi mendekati Hari Raya Idul Fitri, ada kemungkinan intensitas pemakaian elpiji 3 kilogram semakin meningkat.

"Kita lihat perkembangannya, jika dalam minggu ke 3 atau ke empat intensitas permintaan meningkat tajam, dan terjadi kekurangan kita nanti koordinasi dengan Hiswana Migas maupun Pertamina untuk penambahan kuotanya," terangnya.

Pihaknya menegaskan, agar para agen maupun pangkalan tidak menaikkan harga jual mengingat permintaan diprediksi meningkat selama ramadhan. Karena untuk menaikkan harga eceran tertinggi (HET) harus berdasarkan surat keputusan (SK) bupati.

"Menaikkan harga gas elpiji itu tidak bisa sembarang dan seenaknya, karena harus diatur pemerintah. Berbeda dengan harga komoditas bahan pokok lainnya yang bisa naik turun tergantung mekanisme pasar. Saat ini HET gas elpiji 3 kilogram sebesar Rp13.670 per tabung. Kita harapkan pangkalan maupun agen menjual seperti itu," tuturnya [KC-02/bb]**.
Axact

Kabar Cianjur

Pemimpin Redaksi : Asep Moh. Muhsin, Redaktur Pelaksana : Mustofa, Wartawan/Reporter : Asep M, Iman Sulaiman, Yedi Mulyadi, Ahmad Jaelani, Muhammad Fikri, Produksi TV : Aves Marley.Kantor Redaksi Kabar Cianjur : Jl. Siliwangi Kp. Kebonmanggu Sawahgede Cianjur 085724070444

Post A Comment:

0 comments:

Terima Kasih atas saran, masukan, dan komentar anda.