CIANJUR, [KC].- Stok darah di Unit Transfusi Darah (UTD) Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Cianjur, diprediksi akan mengalami penurunan, selama bulan ramadhan 1434 Hijriyah. Hal itu mengingat para pendonor yang mayoritas muslim tengah menjalankan ibadah puasa selama satu bulan penuh.

Kepala Bagian Pelayanan Darah UTD PMI Kabupaten Cianjur Azwar B Chaniago tidak menampik kondisi tersebut. Menurut Azwar, untuk saat ini stok darah di UTD PMI Cianjur hanya bisa mencukupi untuk kebutuhan selama 10 hari kedepan, karena menurunnya pendonor.

"Stok darah golongan A mencapai 100 labu, golongan darah B mencapai 74 labu, golongon darah O mencapai 71 labu dan golong darah AB mencapai 23 labu,” ujarnya.
           
Untuk memenuhi kebutuhan kebutuhan stok darah selama satu bulan, pihaknya mengandalkan dari para pendonor non muslim. Selain mengandalkan sukarelawan, pihaknya juga melakukan jemput bola dengan mendatangi tempat ibadah, seperti Gereja, Vihara serta komunitas Tionghoa.
           
"Karena mayoritas pendonor adalah muslim, otomatis ketika bulan puasa, kita kekurangan. Makanya, kita mengandalkan para pendonor non muslim,” paparnya.
           
Dia menjelaskan, setiap bulannya kebutuhan stok darah meningkat. Pihaknya mencatat, kebutuhan darah per bulan mencapai 900 labu sampai 1.000 labu, termasuk pemenuhan kebutuhan darah untuk penderita thalasemia sekitar 400 labu per bulan. “Jika puasa seperti ini, paling yang masuk hanya sekitar 300 labu,” jelasnya.
           
Sehingga, pihaknya berharap, kesadaran masyarakat Cianjur untuk mendonorkan darahnya. “Kalau rata-rata per hari, pendonor itu hanya 10 sampai 15 orang, stok darah kami lebih banyak di dapat dari hasil jemput bola atau melalui kegiatan sosial lainnya,” ujarnya.

Sementara itu, salah seorang pendonor, mengaku, dirinya hampir setiap tiga bulan sekali melakukan donor darah. Hal tersebut, dia lakukan karena selain untuk kesehatan dirinya, juga untuk memberikan darahnya kepada warga yang memerlukan.
“Saya sedih melihat stok darah di UTD PMI Cianjur, makanya saya rutin melakukan donor darah. Selain untuk kesehatan, juga ibadah,” ujar seorang pendonor [KC-02/rs]***.
Axact

Kabar Cianjur

Pemimpin Redaksi : Asep Moh. Muhsin, Redaktur Pelaksana : Mustofa, Wartawan/Reporter : Asep M, Iman Sulaiman, Yedi Mulyadi, Ahmad Jaelani, Muhammad Fikri, Produksi TV : Aves Marley.Kantor Redaksi Kabar Cianjur : Jl. Siliwangi Kp. Kebonmanggu Sawahgede Cianjur 085724070444

Post A Comment:

1 comments:

  1. Makasih infonya dan Selamat menunaikan ibadah puasa, semoga amal ibadah kita diterima oleh Allah SWT.

    BalasHapus

Terima Kasih atas saran, masukan, dan komentar anda.