Iklan

iklan

Minimnya Tempat Penyimpanan Arsip, OPD Harus Amankan Arsipnya Sendiri

Tuesday, August 13, 2013 | 9:46:00 PM WIB Last Updated 2013-08-13T14:46:31Z
CIANJUR, [KC].- Minimnya tempat penyimpanan arsip di Kab. Cianjur membuat setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) harus mengamankan barang berharaganya masing-masing. Tempat penyimpanan arsip daerah (Depo) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur yang ada saat ini sangat minim dan belum menampung arsip-arsip yang ada.

Kepala Arsip dan Perpustakaan Daerah (Arpusda) Supanji membenarkan hal tersebut. Pihaknya, mengakui jika pengelolaan arsip atau dokumen daerah belum menjadi perhatian serius pemerintah. Hal tersebut terlihat tidak adanya ruang khusus untuk penyimpanan.
           
“Sekarang, penyimpanan dan pengelolaan masih menjadi tanggungjawab masing-masing OPD. Seharusnya, kita punya ruang khusus atau depo arsip, yang sifatnya terpusat,” ujarnya.
           
Wakil Bupati Cianjur Suranto mengatakan, keterbatasan anggaran membuat pemerintah belum menjadikan pengelolaan arsip daerah sebagai prioritas. “Dengan anggaran yang ada, pemerintah harus bisa memilah sesuai skala prioritas. Memang untuk saat ini, pengelolaan arsip belum masuk didalamnya,” kata Suranto, saat melakukan kunjungan kerja ke Kantor Arpusda Cianjur, Selasa (13/8/2013).
           
Meski demikian, pihaknya membantah jika pengelolaan arsip daerah tidak menjadi perhatian. “Makanya, untuk menyelematkan arsip atau dokumen yang ada, difokuskan di masing-masing OPD. Kaitan dengan keamanan dan keselamatan, saya yakin, masing-masing OPD punya standar tersendiri untuk itu,” tuturnya.[KC-02/rs]***.
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Minimnya Tempat Penyimpanan Arsip, OPD Harus Amankan Arsipnya Sendiri

Trending Now

Iklan

iklan