Iklan

iklan

PNM Lakukan Pendampingan Bagi Kelompok Usaha

Saturday, August 24, 2013 | 8:38:00 AM WIB Last Updated 2013-08-24T01:38:57Z
CIANJUR, [KC].– Pendampingan usaha yang lebih intensif terus dilakukan oleh PT. Permodalan Nasional Madani (Persero) terhadap para nasabah ULaMM melalui Kelompok Usaha dan Pengusaha Komunitas.

Pola pelatihan dan pendampingan kepada nasabah yang berjalan selama ini, semakin ditingkatkan melalui pola kelompok sehingga para nasabah bisa saling mendorong usaha satu sama lainnya.

"Pilot project program ini kami lakukan di Klaster Cianjur, dimana nasabah yang telah mengikuti pelatihan reguler akan dibentuk menjadi kelompok-kelompok bisnis berdasarkan kedekatan lokasi geografis,” kata Arief Mulyadi, Executive Vice President (EVP) 1 PT PNM.

Kelompok usaha dan pengusaha komunitas bersifat sukarela dan dikelompokkan masih berdasarkan aspek geografis untuk memudahkan koordinasi dan pengembangan jaringan di wilayah tersebut. Satu kelompok kemungkinan akan terdiri dari beberapa jenis usaha yang berbeda (heterogen).

“Mereka akan memperoleh pendampingan berupa pelatihan intensif dari PNM setiap dua pekan sekali selama tiga bulan. Beberapa materi yang akan disampaikan seperti penjualan, keuangan mikro, hingga manajemen utang piutang,” ujarnya.

PNM optimistis pembentukan kelompok usaha dan pengusaha komunitas akan menghasilkan para pengusaha yang handal dan mandiri. Setiap kelompok juga memiliki aturan main yang disepakati bersama, serta saling mendukung kemajuan bisnis antar anggotanya.

PNM merupakan lembaga keuangan non-bank milik negara (BUMN) dengan fokus bisnis pada pemberian kredit dan bantuan teknis untuk sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).
Klaster Cianjur berada di bawah PNM Cabang Bandung. Hingga Juni 2013, PNM Cabang Bandung telah menyalurkan pembiayaan sebesar 238,911 miliar, naik 9,27% dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya sebesar Rp218,64 miliar.

Jumlah nasabah PNM Cabang Bandung mengalami kenaikan 26,1% menjadi 5.647 nasabah hingga Juni 2013, dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya sebanyak 4.478 nasabah.

Persentase kenaikan jumlah nasabah PNM lebih besar dibandingkan dengan persentase kenaikan jumlah penyaluran pembiayaan, karena tahun ini PNM lebih menyasar para pelaku usaha mikro [KC-02]**.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • PNM Lakukan Pendampingan Bagi Kelompok Usaha

Trending Now

Iklan

iklan