CIANJUR, [KC].- Ribuan kios di pasar Induk Cianjur (PIC) di jalan Suroso, Selasa (27/8/2013) sekitar pukul 01.40 WIB terbakar.Belum diketahui pasti penyebab terjadinya kebakaran, api diduga berasal dari salah satu kios dibagian tengah lantai II PIC dan menjalar kebagian lainya.

Sedikitnya enam unit mobil pemadam kebakaran dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kab. Cianjur dikerahkan untuk menjinakkan kobaran api. Belum lagi ditambah satu unit mobil dari Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) sebagai penyulai air. Namun hembusan angin yang cukup kencang membuat api kian membesar dan sulit untuk dijinakkan.

Hingga pukul 07.30 WIB, sejumlah titik api masih terlihat menyala. Petugas terlihat masih berjibaku untuk memadamkan kobaran api. Ribuan warga yang memadati sekitar areal kebakaran untuk melihat kebakaran membuat mobil pemadam kebakaran kesulitan untuk masuk areal lokasi kebakaran.

Petugas dari Polres Cianjur melalui megaphone berulang kali menghimbau kepada warga agar tidak mendekat, karena mengganggu keluar masukknya mobil pemadam kebakaran. Himbaun tersebut sedikit membantu upaya petugas untuk memadamkan api.

"Saya tadi jam satu sudah ada di pasar untuk menurunkan barang dagangan. Tadi belum terlihat ada kobaran api. Sekitar pukul setengah dua, tiba-tiba ada apai dari dalam pasar dan menyambar keluar. Saya langsung saja lari menjauh," kata Wawan (33) seorang pedagang PIC saat ditemui dilokasi kebakaran.

Dia mengaku tidak sempat menyelamatkan barang dagangan yang ada di lapaknya. Pedagang asala Desa Sukamanahm Kec. Cugenang itu lebih memilih menyelamatkan diri. "Hembusan apinya sangat besar, hawanya sangat panas sekali. Saya tidak sempat menyelamatkan barang dagangan yang ada dilapak," kata penjual berbagai jenis sayur mayur itu.

Pihaknya mengaku sempat melihat kepulan asap membumbung dari bagian tengah pasar. Tidak lama berselang kemudian menyebar kebagian lainya. "Kalau melihat kepulan asapnya, kebakaran itu berasal dari kios dibagian tengah. Apinya sangat besar dan cepat menjalar kebagian lainnya," tegasnya.

Hingga berita ini diturunkan, sejumlah petugas pemadam kebakaran masih berupaya memadamkan sisa-sisa api yang masih menyala. Sekitar lokasi kebakaran juga sudah dipasang garis polisi untuk mencegah warga tidak masuk kedalam areal kebakaran [KC-02]***.
Axact

Kabar Cianjur

Pemimpin Redaksi : Asep Moh. Muhsin, Redaktur Pelaksana : Mustofa, Wartawan/Reporter : Asep M, Iman Sulaiman, Yedi Mulyadi, Ahmad Jaelani, Muhammad Fikri, Produksi TV : Aves Marley.Kantor Redaksi Kabar Cianjur : Jl. Siliwangi Kp. Kebonmanggu Sawahgede Cianjur 085724070444

Post A Comment:

0 comments:

Terima Kasih atas saran, masukan, dan komentar anda.