Iklan

iklan

Ribuan Kios di Pasar Induk Cianjur Terbakar

Tuesday, August 27, 2013 | 8:04:00 AM WIB Last Updated 2013-08-27T01:04:42Z
CIANJUR, [KC].- Ribuan kios di pasar Induk Cianjur (PIC) di jalan Suroso, Selasa (27/8/2013) sekitar pukul 01.40 WIB terbakar.Belum diketahui pasti penyebab terjadinya kebakaran, api diduga berasal dari salah satu kios dibagian tengah lantai II PIC dan menjalar kebagian lainya.

Sedikitnya enam unit mobil pemadam kebakaran dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kab. Cianjur dikerahkan untuk menjinakkan kobaran api. Belum lagi ditambah satu unit mobil dari Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) sebagai penyulai air. Namun hembusan angin yang cukup kencang membuat api kian membesar dan sulit untuk dijinakkan.

Hingga pukul 07.30 WIB, sejumlah titik api masih terlihat menyala. Petugas terlihat masih berjibaku untuk memadamkan kobaran api. Ribuan warga yang memadati sekitar areal kebakaran untuk melihat kebakaran membuat mobil pemadam kebakaran kesulitan untuk masuk areal lokasi kebakaran.

Petugas dari Polres Cianjur melalui megaphone berulang kali menghimbau kepada warga agar tidak mendekat, karena mengganggu keluar masukknya mobil pemadam kebakaran. Himbaun tersebut sedikit membantu upaya petugas untuk memadamkan api.

"Saya tadi jam satu sudah ada di pasar untuk menurunkan barang dagangan. Tadi belum terlihat ada kobaran api. Sekitar pukul setengah dua, tiba-tiba ada apai dari dalam pasar dan menyambar keluar. Saya langsung saja lari menjauh," kata Wawan (33) seorang pedagang PIC saat ditemui dilokasi kebakaran.

Dia mengaku tidak sempat menyelamatkan barang dagangan yang ada di lapaknya. Pedagang asala Desa Sukamanahm Kec. Cugenang itu lebih memilih menyelamatkan diri. "Hembusan apinya sangat besar, hawanya sangat panas sekali. Saya tidak sempat menyelamatkan barang dagangan yang ada dilapak," kata penjual berbagai jenis sayur mayur itu.

Pihaknya mengaku sempat melihat kepulan asap membumbung dari bagian tengah pasar. Tidak lama berselang kemudian menyebar kebagian lainya. "Kalau melihat kepulan asapnya, kebakaran itu berasal dari kios dibagian tengah. Apinya sangat besar dan cepat menjalar kebagian lainnya," tegasnya.

Hingga berita ini diturunkan, sejumlah petugas pemadam kebakaran masih berupaya memadamkan sisa-sisa api yang masih menyala. Sekitar lokasi kebakaran juga sudah dipasang garis polisi untuk mencegah warga tidak masuk kedalam areal kebakaran [KC-02]***.
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Ribuan Kios di Pasar Induk Cianjur Terbakar

Trending Now

Iklan

iklan