CIANJUR, [KC].- Kabupaten Cianjur dijadikan tempat pilihan oleh Kementerian Sosial untuk Praktek Belajar Lapangan (PBL) bagi para Pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) yang baru direkrut angkatan 2013. Salah satu pertimbangaanya Kabupaten Cianjur dinilai sebagai salah satu Kabupaten yang terbaik dalam penanganan Rumah Tangga Sangat Miskin (RTSM).

Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Sumitra melalui Kepala Bagian Sosial Din Din didampingi Kepala Seksi Bantuan dan Perlindungan Sosial (Balinsos) Nunung Sahrudin mengatakan, sebanyak 165 Pendamping PKH hasil dari perekrutan 2013 akan melakukan PBL diwilayah empat kecamatan di Cianjur. Ke empat kecamatan yang dipilih antara lain Kecamatan Gekbrong, Cilaku, Cianjur dan Ciranjang.

"Para Pendamping PKH tersebut direncanakan akan melakukan PBL selama dua hari terhitung sejak Kamis-Jum'at (5-6/9). Nantinya para pendamping ini akan tinggal dirumah-rumah warga yang menjadi wilayah PBLnya masing-masing," kata Din Din saat ditemui diruang kerjanya, Selasa (3/9).

Para Pendamping PKH selama melakukan PBL akan belajar tentang strategis penanganan PKH. "Dipilihnya Kabupaten Cianjur menjadi PBL bagi Pendamping PKH tidak terlepas dengan prestasi yang diraih. Kabupaten Cianjur dianggap paling baik dalam penanganan RTSM PKH di Jawa Barat dan Indonesia," katanya.

Hal itu kata Din Din menjadi suatu kebanggan. Untuk itu berbagai persiapan kini tengah dilakukan. "Saat ini kita tengah melakukan penjajakan untuk mempersiapkan lokasi, desa mana saja yg akan dikedepankan. Mereka akan disebar di rumah penduduk atau tempat tinggal masyarakat," tegasnya.

Untuk Kabupaten Cianjur, jumlah Pendamping yang baru direkrut sebanyak 6 orang. Mereka dengan wilayah tugas di Kecamatan Haurwangi sebanyak tiga orang dan sisanya diwilayah Kecamatan Takoka.

"Untuk Kabupaten Cianjur baru 19 kecamatan penerima manfaat PKH, termasul dua kecamatan yang terbaru yakni Haurwangi dan Takoka. Rencananya kita akan mengusulkan juga kecamatan lainya pada tahun depan. Mudah-mudahan saja terealisasi, karena program ini program pemerintah pusat," paparnya [KC-02]***.
Axact

Kabar Cianjur

Pemimpin Redaksi : Asep Moh. Muhsin, Redaktur Pelaksana : Mustofa, Wartawan/Reporter : Asep M, Iman Sulaiman, Yedi Mulyadi, Ahmad Jaelani, Muhammad Fikri, Produksi TV : Aves Marley.Kantor Redaksi Kabar Cianjur : Jl. Siliwangi Kp. Kebonmanggu Sawahgede Cianjur 085724070444

Post A Comment:

0 comments:

Terima Kasih atas saran, masukan, dan komentar anda.