CIANJUR, [KC].- Menjelang penerimaan calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), pemohon kartu pencari kerja atau kartu kuning di Kab. Cianjur meningkat drastis. Diperkirakan dalam sehari rata-rata mencapai 200 pemohon yang mengajukan pembuatan kartu kuning.

Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Kab. Cianjur Sumitra melalui Kepala Seksi Bina Lembaga Usaha Ketenagakerjaan Dinsosnakertrans Kabupaten Cianjur, Ahmad Ubaidillah mengungkapkan, peningkatan pemohon kartu kuning juga tidak terlepas dengan selepas libur lebarran Idul Fitri 1434 Hijriyah.

"Informasi penerimaan CPNS tidak bisa dipungkiri menjadi penyumbang meningkatnya pemohon kartu kuning. Selain itu banyak pencari kerja lainya yang merupakan dampak dari pulang kampung. Mereka biasanya mengajak sanak saudarannya untuk mencari kerja," kata Ubaidillah, Senin (2/9/2013).

Peningkatan pemohon kartu kuning sudah dirasakan sejak setelah libur lebaran. Apalagi ditambah dengan adanya informasi penerimaan CPNS menambah jumlah pemohon. Hanya saja lantaran keterbatasan personel yang ada di Dinsosnakertrans, pemohon kartu kuning dalam satu hari dibatasi maksimal 200 orang.

"Para pemohon kartu kuning untuk perekrutan CPNS rata-rata S.1. Sedangkan dari umum kebanyakan SLTA. Mereka rata-rata untuk melamar pekerjaan diluar Cianjur. Padahal di Cianjur juga masih banyak kesempatan," katanya.

Hal itu didasarkan dengan dengan adanya peluang kesempatan kerja yang ternyata tidak terpenuhi kuotanya. "Baru-baru ini saja ada sebuah perusahaan yang membutuhkan pegawai untuk mengisi formasi. Saat itu dibutuhkan100 orang. Tapi ternyata minat masyarakat masih sangat minim. Yang mendaftar hanya 55 orang dan yang diterima hanya 40 orang," katanya.

Dalam pembuatan kartu kuning, pihak Dinsosnakertrans Cianjur memprioritaskan masyarakat yang berasal dari wilayah Cianjur selatan untuk didahulukan. Pertimbangannya karena lokasi yang cukup jauh dari pusat kota.

"Kita prioritaskan pemohon dari wilayah Cianjur selatan. Kasihan mereka sudah jauh-jauh, tentu saja membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Kasihan kalau sudah datang jauh-jauh tiba-tiba kita cancel," tegasnya.

Pihaknya belum bisa memprediksikan sampai kapan pemohon pembuat kartu kuning terus membeludak. Namun jika dikaitkan dengan perekrutan calon PNS, diprediksi kondisi itu akan terjadi hingga akhir September. "Kalau dikaitkan dengan CPNS dimungkinkan akhir bulan September, karena pada awal Oktober. Seleksinya," katanya [KC-02]***.
Axact

Kabar Cianjur

Pemimpin Redaksi : Asep Moh. Muhsin, Redaktur Pelaksana : Mustofa, Wartawan/Reporter : Asep M, Iman Sulaiman, Yedi Mulyadi, Ahmad Jaelani, Muhammad Fikri, Produksi TV : Aves Marley.Kantor Redaksi Kabar Cianjur : Jl. Siliwangi Kp. Kebonmanggu Sawahgede Cianjur 085724070444

Post A Comment:

0 comments:

Terima Kasih atas saran, masukan, dan komentar anda.