Iklan

iklan

Polres Cianjur Tangkap Tiga Orang Diduga Pelaku Pemukulan Terhadap Tim Terpadu Riset Mandiri Gunung Padang

Friday, September 13, 2013 | 7:46:00 PM WIB Last Updated 2013-09-13T12:46:04Z
CIANJUR, [KC].- Polres Cianjur akhirnya menangkap tiga orang yang diduga melakukan pemukulan terhadap peneliti tim geologi Tim Terpadu Riset Mandiri (TTRM) Situs Megalitikum Gunung Padang, Jumat (13/9). Ketiga pelaku kini diamankan di Mapolres Cianjur untuk pengusutan lebih lanjut.

Keterangan yang berhasil dihimpun menyebutkan, ketiga pelaku yang diduga melakukan pemukulan terhadap anggota tim geologi TTRM Gunung Padang berinisial Z, D dan G. Bahkan pelaku Z diduga ditengarai menjadi penyebar informasi peledakan yang dilakukan peneliti dalam kegiatannya.

"Saat ini ketiga pelaku sudah kami amankan dan sedang menjalani pemeriksaan intensif untuk mengungkap motif atas tindakan yang dilakukannya. Kita masih dalami pemeriksaan untuk pengembangan," kata Kapolres Cianjur, AKBP Dedy Kusuma Bakti.

Menurut Dedi, berdasarkan hasil pemeriksaan atas pengakuan para pelaku, ketiganya merupakan warga sekitar Gunung Padang. Ketiganya ditahan atas tuduhan melakukan tindakan kekerasan terhadap peneliti dari TTRM.

Dedy meminta masyarakat untuk tidak mudah terpancing dengan adanya informasi atau isu-isu yang menyesatkan terkait adanya tim peneliti di Gunung Padang. Tim peniliti kata Dedy sebelumnya telah melakukan koordinasi dengan pihaknya.

"Penelitian terhadap Gunung Padang ini menyangkut orang banyak. Penelitian bukan hanya untuk bangsa Indonesia saja, tapi lebih dari itu. Mereka dalam menjalankan aktivitasnya sudah melakukan kordinasi dengan kami. Kami meminta jangan ada informasi yang justru merugikan orang banyak," kata Dedy.

Adanya tindakan pemukulan yang menimpa para peneliti dari TTRM, penelitian terhadap Gunung Padang di Desa Karyamukti, Kecamatan Cempaka, Kabupaten Cianjur, terpaksa dihentikan sementara. Tim Terpadu Riset Mandiri (TTRM) yang melanjutkan penelitian pada pekan lalu diserang sekelompok orang yang tidak bertanggungjawab.

Berdasarkan informasi, dugaan pemukulan terhadap TTRM diduga terkait risetnya yang melakukan peledakan dengan petasan di salah satu bagian situs. Untuk mengungkap penyebab pastinya pihak Polres Cianjur saat ini tengah mendalaminya [KC-02]***.
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Polres Cianjur Tangkap Tiga Orang Diduga Pelaku Pemukulan Terhadap Tim Terpadu Riset Mandiri Gunung Padang

Trending Now

Iklan

iklan