CIANJUR, [KC].- Polres Cianjur akhirnya menangkap tiga orang yang diduga melakukan pemukulan terhadap peneliti tim geologi Tim Terpadu Riset Mandiri (TTRM) Situs Megalitikum Gunung Padang, Jumat (13/9). Ketiga pelaku kini diamankan di Mapolres Cianjur untuk pengusutan lebih lanjut.

Keterangan yang berhasil dihimpun menyebutkan, ketiga pelaku yang diduga melakukan pemukulan terhadap anggota tim geologi TTRM Gunung Padang berinisial Z, D dan G. Bahkan pelaku Z diduga ditengarai menjadi penyebar informasi peledakan yang dilakukan peneliti dalam kegiatannya.

"Saat ini ketiga pelaku sudah kami amankan dan sedang menjalani pemeriksaan intensif untuk mengungkap motif atas tindakan yang dilakukannya. Kita masih dalami pemeriksaan untuk pengembangan," kata Kapolres Cianjur, AKBP Dedy Kusuma Bakti.

Menurut Dedi, berdasarkan hasil pemeriksaan atas pengakuan para pelaku, ketiganya merupakan warga sekitar Gunung Padang. Ketiganya ditahan atas tuduhan melakukan tindakan kekerasan terhadap peneliti dari TTRM.

Dedy meminta masyarakat untuk tidak mudah terpancing dengan adanya informasi atau isu-isu yang menyesatkan terkait adanya tim peneliti di Gunung Padang. Tim peniliti kata Dedy sebelumnya telah melakukan koordinasi dengan pihaknya.

"Penelitian terhadap Gunung Padang ini menyangkut orang banyak. Penelitian bukan hanya untuk bangsa Indonesia saja, tapi lebih dari itu. Mereka dalam menjalankan aktivitasnya sudah melakukan kordinasi dengan kami. Kami meminta jangan ada informasi yang justru merugikan orang banyak," kata Dedy.

Adanya tindakan pemukulan yang menimpa para peneliti dari TTRM, penelitian terhadap Gunung Padang di Desa Karyamukti, Kecamatan Cempaka, Kabupaten Cianjur, terpaksa dihentikan sementara. Tim Terpadu Riset Mandiri (TTRM) yang melanjutkan penelitian pada pekan lalu diserang sekelompok orang yang tidak bertanggungjawab.

Berdasarkan informasi, dugaan pemukulan terhadap TTRM diduga terkait risetnya yang melakukan peledakan dengan petasan di salah satu bagian situs. Untuk mengungkap penyebab pastinya pihak Polres Cianjur saat ini tengah mendalaminya [KC-02]***.
Axact

Kabar Cianjur

Pemimpin Redaksi : Asep Moh. Muhsin, Redaktur Pelaksana : Mustofa, Wartawan/Reporter : Asep M, Iman Sulaiman, Yedi Mulyadi, Ahmad Jaelani, Muhammad Fikri, Produksi TV : Aves Marley.Kantor Redaksi Kabar Cianjur : Jl. Siliwangi Kp. Kebonmanggu Sawahgede Cianjur 085724070444

Post A Comment:

0 comments:

Terima Kasih atas saran, masukan, dan komentar anda.