Cianjur UMKM Festival 2013 Bergerak
CIANJUR, [KC].- Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengan (Diskop UMKM) Kabupaten Cianjur menggaet pengusaha ritel untuk menggelar Cianjur UMKM Festival 2013 Bergerak yang dilaksanakan di halaman parkir Yogja Departemen Store di Jalan Arief Rahman Hakim, Senin (30/9). Festival tersebut diikuti oleh 20 pelaku UMKM dan akan berlangsung hingga 6 Oktober 2013 mendatang.

Kepala Diskop UMKM Kabupaten Cianjur Ridwan Ilyasin mengatakan, kegiatan Cianjur UMKM Festival 2013 Bergerak merupakan upaya untuk memperkenalkan UMKM kepada para pelaku usaha lainya bahwa UMKM di Cianjur itu bisa maju dan berkembang. Harapannya dengan semakin dikenalnya produk UMKM bisa memiliki daya saing dengan hasil kwalitas produksi yang berkwalitas.

"Saat ini masih ada yang memandang bahwa produksi UMKM itu kurang berkwalitas dan kurang diminati pasar. Dengan festival ini kita harapkan bisa sebaliknya bahwa produk produk UMKM itu memiliki kwalitas dan memiliki daya saing," kata Ridwan saat ditemui disela pembukaan Cianjur UMKM Festival 2013 Bergerak.

Pihaknya mengapresiasi dukungan dari pihak ritel yang telah membantu terlaksananya kegiatan. Dengan adanya kesempatan bagi UMKM untuk memperkenalkan produksinya, merupakan peluang pasar tersendiri bagi pelaku UMKM dalam menghadapi kompetitor yang sangat ketat.

"Kita harapkan ada perusahaan perusahaan lainnya di Cianjur ini yang memberi kesempatan kepada pelaku UMKM untuk menjajakan produknya seperti yang dilakukan Yogja Departemen Store ini. Festival ini merupakan salah satu buktinya, apalagi sarana disiapkan. Kita ingin kegiatan seperti ini bisa terus berkesinambungan," katanya.

Ketua Panitia Cianjur UMKM Festival 2013 Bergerak Alexander Adhi Widiantoro mengaku bahwa hambatan yang selama dirasakan oleh para pelaku UMKM adalah bagaimana produk bisa diserap pasar secara maksimal, tidak hanya tradisional, tapi modern market. Selain itu belum tersedianya even khusus tahunan yang salah satunya untuk uji pasar juga menjadi salah satu hambatan.

"Dasar itulah kita bergerak mandiri dengan didampingi dinas terkait, melakukan kegiatan festival UMKM ini. Harapan kami dengan kegiatan seperti ini para pelaku UMKM bisa maju dan lebih berkembang. Ini merupakan salah satu komitmen kami," katanya.

Sekretaris Daerah (Sekda) Cianjur Oting Zaenal Mutaqin menyambut baik adanya festival UMKM yang dilaksanakan Diskop UMKM, Disperindag dengan menggandeng Yogja Departemen Store. Program seperti ini harus terus ditumbuhkembangkan agar pelaku UMKM bisa terus maju dan berkembang.

"Kita harapkan yang besar tidak mematikan yang kecil, tapi sebaliknya yang besar membesarkan yang kecil. Dengan para pengusaha besar memberikan kesempatan para pelaku UMKM untuk menjual produknya itu merupakan langkah yang tepat. Saya pernah menahan SIUP, karena ingin UMKM masuk," jelasnya.

Dikatakan Oting, dengan adanya inisitaif dan bersatu para pelaku UMKM akan lebih besar dan maju. "Dengan pola kemitraan seperti ini akan bisa maju dan berkembang. Pemerintah selalu memberikan dukungan kepada para pelaku UMKM seperti dukungan sering dibantu di barkot, sertifikat halal, maupun bantuan produksi," tegasnya [KC-02]***.
Axact

Kabar Cianjur

Pemimpin Redaksi : Asep Moh. Muhsin, Redaktur Pelaksana : Mustofa, Wartawan/Reporter : Asep M, Iman Sulaiman, Yedi Mulyadi, Ahmad Jaelani, Muhammad Fikri, Produksi TV : Aves Marley.Kantor Redaksi Kabar Cianjur : Jl. Siliwangi Kp. Kebonmanggu Sawahgede Cianjur 085724070444

Post A Comment:

0 comments:

Terima Kasih atas saran, masukan, dan komentar anda.