SUMPAH pemuda adalah salah satu tonggak sejarah yang penting bagi bangsa Indonesia, khususnya warga Cianjur. Seperti kita telah ketahui, ada tiga butir penting sumpah pemuda, yaitu bertanah air satu, berbangsa satu, dan berbahasa satu. “Tiga hal ini merupakan faktor penting bagi negara kita,” kata Ketua Forum Pengurus Karangtaruna (FPKT) Kabupaten Cianjur, H Irvan Rivano Muchtar.

Dikatakan Irvan, adanya sumpah pemuda merupakan buah dari perjuangan rakyat yang selama ratusan tahun tertindas dibawah kekuasaan kaum kolonialis pada saat itu. Kondisi ketertindasan inilah yang kemudian mendorong para pemuda pada saat itu untuk membulatkan tekad demi mengangkat harkat dan martabat hidup orang Indonesia asli.

Tekad inilah yang menjadi komitmen perjuangan rakyat Indonesia hingga berhasil mencapai kemerdekaannya 17 tahun kemudian yaitu pada 17 Agustus 1945. “Sebagai generasi mendatang, kita harus mengisi sumpah pemuda ini dengan kegiatan hal-hal positif dan berkiprah di berbagai bidang,” papar Irvan yang juga Caleg DPRD Provinsi Jawa Barat dari Partai Demorkat nomor urut 7.

Sebagai Ketua FPKT Kab Cianjur, pihaknya menghimbau kepada para pemuda agar terus semangat dalam hal persatuan. Yaitu, mengisi kemerdekaan dengan hal positif yang berguna bagi nusa dan bangsa. “Kita harus menciptakan semua itu, demi kemajuan Cianjur,” imbuhnya [KC-02/dn]***.
Axact

Kabar Cianjur

Pemimpin Redaksi : Asep Moh. Muhsin, Redaktur Pelaksana : Mustofa, Wartawan/Reporter : Asep M, Iman Sulaiman, Yedi Mulyadi, Ahmad Jaelani, Muhammad Fikri, Produksi TV : Aves Marley.Kantor Redaksi Kabar Cianjur : Jl. Siliwangi Kp. Kebonmanggu Sawahgede Cianjur 085724070444

Post A Comment:

0 comments:

Terima Kasih atas saran, masukan, dan komentar anda.