CIANJUR, [KC].- Ribuan kafilah dari 32 kecamatan di Kabupaten Cianjur mengikuti Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) ke-42 Tingkat Kabupaten Cianjur tahun 2013 yang dilaksanakan di Desa Pasawahan Kecamatan Takokak Kabupaten Cianjur, Selasa (12/11).

Kegiatan yang dibuka langsung Bupati Cianjur H. Tjetjep Muchtar Soleh itu dihadiri oleh unsur Muspida Kabupaten Cianjur, Ketua TP PKK Kabupaten Cianjur, para Kepala SOPD di lingkungan Pemkab Cianjur, Dirut PDAM Tirta Mukti Cianjur, para pengurus MUI Kabupaten Cianjur serta tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya Bupati Cianjur H. Tjetjep Muchtar Soleh mengatakan, pelaksanaan MTQ kali ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman isi yang terkandung dalam Al-qur’an, sekaligus sebagai upaya pengamalan nilai-nilai ajaran, khususnya untuk membentuk kepribadian muslim yang berakhlakul karimah. MTQ juga merupakan momentum yang sangat tepat untuk meningkatkan ketaqwaan dan refleksi diri terhadap keimanan.

"Al-qur'an sebagai wahyu Allah SWT yang disampaikan kepada Nabi Muhammad SAW untuk dijadikan pedoman, penjelasan dan pembeda antara yang benar dan yang salah. Dengan kata lain,  Al-qur’an berisikan tuntunan hidup bagi umat manusia yang sungguh-sungguh ingin mencari keselamatan dan kebahagiaan hidup di dunia dan di akhirat. Tuntunan hidup itu kita yakini sebagai tuntunan universal yang berlaku di segala tempat dan di segala zaman," katanya.

Bupati berharap, keikutsertaan para peserta dalam MTQ ini dapat menjadi pendorong tumbuh dan berkembangnya minat baca Al-qur’an. "Semangat itu hendaknya dijadikan langkah untuk meraih cita-cita kita bersama yaitu mewujudkan masyarakat Cianjur yang lebih sejahtera dan berakhlakul karimah," tegasnya.

Sementara itu Ketua Panitia MTQ ke-42 tingkat Kabupaten Cianjur Tahun 2013, Drh. Dwi Ambar Wahyuningtyas menyampaikan, pelaksanaan MTQ ke-42 ini berlangsung selama tiga hari dari tanggal 12 hingg 14 November 2013. Adapun cabang yang dilombakan yaitu, tilawah Al-Qur'an terdiri dari golongan kanak-kanak, remaja dan dewasa putra dan putri.

Selain itu juga dilombakan tartil Al-Qur’an putra putri, Hifdzil Qur'an terdiri dari 1 dan 5 juz dan tilawah 10, 20 dan 30 juz putra-putri. Fahmil Qur'an dan Khattil Qur'an.

Dikatakan Ambar, tujuan dilaksanakannya MTQ ini diantaranya untuk meningkatkan pemahaman Al-qur’an melalui penerjemahan, penafsiran, pengkajian dan klasifikasi ayat-ayat. Selain itu juga untuk meningkatkan penghayatan dan pengamalan Al-qur’an dalam kehidupan sehari-hari sebagai wujud implementasi dari gerakan masyarakat berakhlakul karimah.

Sebelum acara pembukaan dimulai, MTQ kali ini juga dilaksanakan Pawai Taaruf Kafilah MTQ ke-42 Tahun 2013 yang diikuti oleh kafilah dari 32 kecamatan yang ada di Kabupaten Cianjur. Adapun rute pawai yaitu diawali dari Lapang Binaraga Pasawahan, Kp. Pasanggrahan, Puskesmas Takokak, Kp. Padakati, Kp. Kandangsapi, Kp. Sukawargi, Kp. Pasirkupa, terminal dan finish di Jalan Datar depan Kantor Kecamatan Takokak.

Acara pawai tersebut disambut antusias oleh warga masyarakat Takokak, para peserta pawai dari masing-masing Kecamatan menunjukkan kebolehan kreasinya serta ciri khas daerahnya masing-masing. Pawai ini disemarakkan oleh hadirnya para kelompok seni yang bernafaskan Islami, pelajar, santri, para RT-RW, ibu-ibu PKK juga masyarakat Kecamatan Takokak yang telah menyambut seluruh kafilah MTQ dengan antusias.

MTQ ke-42 ini mengambil tema “Melalui MTQ ke-42 Kita Tingkatkan Ukhuwah Islamiyah Untuk Mewujudkan Masyarakat Cianjur yang Lebih Sejahtera dan Berakhlakul Karimah [KC-02]***.
Axact

Kabar Cianjur

Pemimpin Redaksi : Asep Moh. Muhsin, Redaktur Pelaksana : Mustofa, Wartawan/Reporter : Asep M, Iman Sulaiman, Yedi Mulyadi, Ahmad Jaelani, Muhammad Fikri, Produksi TV : Aves Marley.Kantor Redaksi Kabar Cianjur : Jl. Siliwangi Kp. Kebonmanggu Sawahgede Cianjur 085724070444

Post A Comment:

0 comments:

Terima Kasih atas saran, masukan, dan komentar anda.