CIANJUR, [KC].- Sebanyak 43 desa yang tersebar di 20 kecamatan di Kab. Cianjur akan segera melaksanakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades). Direncanakan Pilkades tersebut akan dilaksanakan secara serentak pada pertengahan Desember 2013 mendatang.

Untuk memantapkan pelaksanaan Pilkades, Pemkab Cianjur melalui Bagian Pemerintahan Desa (Pemdes) menggelar pembekalan para calon Kades yang dilaksanakan di gedung KONI Cianjur Jalan Slamet Riyadi, Kamis (5/12).

Panitia Pelaksana Kegiatan Nandang Ondi S mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan sebagai pemantapan bagi para calon Kades agar dapat mengikuti pemilihan dengan sebaik-baiknya, sehingga proses pemilihan kepala desa dapat berjalan secara tertib dan lancar.

"Biasanya selalu saja ada persepsi yang berbeda antar calon Kades, makanya mereka kita bekali untuk menyamakan persepsi agar Pilkades yang digelar bisa terlaksana sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan," katanya.

Sekretaris Daerah Kabupaten Cianjur H. Oting Zaenal Mutaqin, yang hadir dalam pembekalan calon Kades mengatakan, desa merupakan basis terdepan dimana seluruh infrastruktur pembangunan dilaksanakan, dalam arti pada dasarnya seluruh pembangunan bermuara di pedesaan.

"Suksesnya pembangunan di desa berarti suksesnya pembangunan secara keseluruhan. Sebagai bakal calon kepala desa nantinya akan menerima amanat tersebut, sehingga beban yang akan di tanggung sebenarnya sangat berat di pundak para bakal calon kepala desa karena kelangsungan dan kemajuan kehidupan desa dipertaruhkan," kata Oting.

Kepala desa beserta aparatnya lanjut Oting merupakan tumpuan pelaksanaan berbagai program pemerintah yang langsung bersentuhan dengan masyarakat. Dengan demikian, para bakal calon Kades harus mendapat kepercayaan sepenuhnya dari masyarakat.

Untuk itulah para bakal calon Kades agar mengawali proses dalam peran sebagai kepala desa dimulai dengan kegiatan pencalonan yang jujur. Demikian pula dalam proses pemilihannya, diharapkan dapat menunjukkan sebagai calon yang berkualitas, yang layak dipilih oleh masyarakat.

"Hendaknya para bakal calon kepala Desa mengikuti kegiatan ini dengan seksama dan memperhatikan dengan sungguh-sungguh materi yang disampaikan, sehingga dalam pelaksanaan pemilihan kepala desa nanti tidak terjadi hal-hal yang tidak diharapkan akibat kurangnya pemahaman," jelas.

Dengan pemahaman kata Oting yang hadir mewakili Bupati Cianjur Tjetjep Muchtar Soleh bahwa yang benar, para peserta dapat berperan sepenuhnya dalam pendidikan politik secara langsung kepada masyarakat. "Ini tentunya menjadi kontribusi nyata dalam upaya mewujudkan masyarakat Cianjur yang lebih sejahtera dan berakhlakul karimah," tegasnya [KC-02]***.
Axact

Kabar Cianjur

Pemimpin Redaksi : Asep Moh. Muhsin, Redaktur Pelaksana : Mustofa, Wartawan/Reporter : Asep M, Iman Sulaiman, Yedi Mulyadi, Ahmad Jaelani, Muhammad Fikri, Produksi TV : Aves Marley.Kantor Redaksi Kabar Cianjur : Jl. Siliwangi Kp. Kebonmanggu Sawahgede Cianjur 085724070444

Post A Comment:

0 comments:

Terima Kasih atas saran, masukan, dan komentar anda.