CIANJUR, [KC].- Libur tahun baru yang berbarengan dengan libur sekolah dimanfaatkan masyarakat Jakarta dan sekitarnya berlibur dikawasan wisata Puncak Cipanas Kab. Cianjur. Hingga Senin (30/12) kawasan yang berhawa sejuk itu sudah ramai dipadati pengunjung yang mayoritas menggunakan kendaraan plat nomor polisi B.

Sayangnya liburan tahun ini harus disuguhi oleh rusaknya infrastruktur jalan dibeberapa titik yang membuat para pengguna jalan terutama pengendara kendaraan bermotor harus berhati-hati jika melintas jika tidak ingin terjerembab. Kondisi tersebut diperparah dengan padatnya arus lalu lintas yang membuat para pengendara harus bersabar.

Seperti yang diungkapkan Thomas (52) warga Jakarta, dia mengaku sengaja datang ke Puncak Cipanas untuk berlibur bersama keluarga untuk merayakan tahun baru bersama. Dia juga mengeluhkan rusaknya jalan yang mengarah ke rumah keduanya.
"Kita sengaja datang berlibur kesini bersama anak-anak, mumpung libur sekolah. Tapi sayangnya jalannya banyak yang rusak, padahal ini daerah wisata, biasanya jalannya bagus, tapi ini tidak," kata Thomas saat ditemui sedang membeli duren di jalan alternatif Hanjawar Pacet, Senin (30/12).

Diakui Thomas, akibat rusaknya infrastruktur jalan beberapa temanya yang semula akan berlibur ke Puncak Cipanas mencari alternatif lain. "Memang ada beberapa temen yang tadinya mau menyusul ke Puncak, jadi di cancel setelah tahu jalannya banyak yang rusak. Ini sangat disayangkan sekali, sebagai daerah wisata sudah selayaknya Pemda setempat memprioritaskan sarana infrastrukturnya," katanya.

Rusaknya beberapa infrastruktur jalan dibeberapa lokasi dikawasan wisata Puncak Cipanas juga disayangkan para pengusaha real estate, hotel dan tempat wisata. Dampaknya mereka merasakan secara langsung yakni tingkat kunjungan mengalami penurunan.

"Ya berdampaklah, mereka yang semula berniat mau menikmati libur jadi banyak yang cancel setelah tahu kondisi jalan kurang layak. Ini seharusnya menjadi perhatian serius Pemda, karena dengan menurunya tingkat kunjungan sudah barang tentu akan berdampak pula pada penurunan PAD," kata Estate Manager Kota Bunga Franky Kumonang secara terpisah.

Rusaknya infrastruktur jalan tersebut pernah disampaikan ke Pemda Cianjur. Namun belum banyak upaya perbaikan hingga memasuki libur sekolah dan tahun baru ini. "Tadinya kita berharap jalan yang rusak ini sudah diperbaiki saat memasuki libur sekolah dan tahun baru, tapi sayangnya tidak demikian. Kalai ada perbaikan tidak menyeluruh," katanya.

Berdasarkan pantauan, kerusakan jalan terpantau di beberapa titik di Jalan Hanjawar-Pacet. Kondisi jalannya banyak yang berlubang, bahkan terkelupas. Terlihat beberapa warga berupaya menutup jalan yang berlubang dengan tanah.

Hal serupa juga terlihat disepanjang jalan Cibadak-Ciwalen pentas. Jalan yang mengarah ke tempat wisata Taman Bunga Nusantara itu kondisinya rusak parah. Para pengendara harus berhati-hati jika melintas di jalan tersebut.

Sementara arus lalu lintas hingga pukul 17.00 WIB, dikawasan wisata Cipanas terpantau padat. Kondisi tersebut terlihat disepanjang Jalan Raya Cipanas mulai dari Simpangraya Pasekon hingga pertigaan hanjawar. Beberapa petugas lantas Polres Cianjur terlihat sibuk dijalan mengatur arus lalu lintas [KC-02]***.
Axact

Kabar Cianjur

Pemimpin Redaksi : Asep Moh. Muhsin, Redaktur Pelaksana : Mustofa, Wartawan/Reporter : Asep M, Iman Sulaiman, Yedi Mulyadi, Ahmad Jaelani, Muhammad Fikri, Produksi TV : Aves Marley.Kantor Redaksi Kabar Cianjur : Jl. Siliwangi Kp. Kebonmanggu Sawahgede Cianjur 085724070444

Post A Comment:

0 comments:

Terima Kasih atas saran, masukan, dan komentar anda.