CIANJUR, [KC].- Bencana alam retakan tanah yang terjadi di Kampung  Cigedogan  Desa Mekarmulya Kecamatan Cikalongkulon Kabupaten Cianjur mengundang banyak keprihatinan dari berbagai pihak. Meski tidak sampai menelan korban jiwa, bencana alam tersebut mengakibatkan kerugian materi dan memaksa warga harus mengungsi ketempat yang lebih aman.
Banyak pihak yang menaruh simpati dan memberikan bantuan kepada warga yang menjadi korban. Ada mereka yang datang memberikan bantuan sembako, peralatan sekolah, pakaian dan lainya. Pun demikian kondisi tersebut juga menggugah Ketua Forum Pengurus Karang Taruna (FPKT), Kabupaten Cianjur, Irvan Rivano Muchtar dan Cianjur Hospital Bikers. Mereka Minggu (09/02/2014), secara bersama mengunjungi warga di lokasi bencana retakan tanah.
"Mudah-mudahan apa yang terjadi dan menimpa warga ini ada hikmahnya, kami tentu sangat prihatin, mudah-mudahan warga bisa sabar," kata Ketua FPKT Kab. Cianjur, H Irvan Rivano Muchtar, seusai memberikan bantuan secara simbolis kepada warga Cigedogan  Mekarmulya Cikalongkulon.
Menurutnya, sebagai warga Cianjur khususnya yang tinggal didaerah rawan bencan harus selalu meningkatkan kewaspadaan. Apalagi saat ini sedang musim hujan."Bila ada retakan tanah, segeralah mencari tempat yang lebih aman, ini untuk menghindari terjadinya korban," paparnya.
Irvan yang juga Caleg Provinsi dapil Cianjur dan Kota Bogor nomor urut 7 dari Partai Demokrat menegaskan, akan membantu masyarakat Cigedogan  Mekarmulya, terkait rencana relokasi. Sebab, tidak mungkin warga menempati lokasi bencana yang kondisinya sudah tidak layak untuk menjadi hunian.
"Kami akan sampaikan kepada Pemkab Cianjur tentang relokasi, karena relokasi sangat penting untuk tempat tinggal warga yang terkena musibah dan itu harus segera," paparnya.
Sementara itu, Ketua Cianjur Hospital Bikers, Yanto Hermanto memaparkan, CHB dibentuk tahun 2006 dengan mayoritas anggota dari pegawai RSUD Cianjur. Dalam eksintensinya CBH selalu melaksanakan kegiatan sosial. Salah satunya bantuan kepada warga korban retakan tanah.
"Mudah-mudahan bantuan yang diberikan dapat bermanfaat bagi warga yang menjadi korban bencan. Ini merupakan salah satu kepedulian kami sebagai sesama warga. Kita tentu tidak tega melihat saudara kita sangat memerlukan bantuan sementara kita enak-enakan," papar Yanto yang mengaku memiliki anggota CHB sekitar 350 orang.
Camat Cikalongkulon, Nunung Rahmat memaparkan, jumlah rumah yang rusak akibat retakan tanah di Kampung Cikedongan tersebut mencapai sekitar 300 rumah, dengan jumlah jiwa sekitar 1.200 orang. "Warga disini saat ini sedang menunggu relokasi dari Pemkab Cianjur, dan perbaikan jalan," tegasnya.

Alasan segera direlokasi, karena rumah warga yang sudah rusak tidak mungkin lagi dibangun dengan lokasi yang sama. Karena, tanah warga sudah tergerus air dan kondisinya tidak layak. "Mudah-mudahan kehadiran Ketua FPKT dapat menyampaikan keluhan warga kepada Pemkab dalam hal ini kepada Bupati Cianjur," harapnya [KC-02]***.

Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!








Axact

Kabar Cianjur

Pemimpin Redaksi : Asep Moh. Muhsin, Redaktur Pelaksana : Mustofa, Wartawan/Reporter : Asep M, Iman Sulaiman, Yedi Mulyadi, Ahmad Jaelani, Muhammad Fikri, Produksi TV : Aves Marley.Kantor Redaksi Kabar Cianjur : Jl. Siliwangi Kp. Kebonmanggu Sawahgede Cianjur 085724070444

Post A Comment:

0 comments:

Terima Kasih atas saran, masukan, dan komentar anda.