CIANJUR, [KC].- Sebagai salah satu upaya melestarikan keberadaan ayam pelung asli dari Kabupaten Cianjur, Palace Hotel menggelar Kontes Ayam Pelung Cipanas Cup yang dilaksanakan di Palace Hotel Jalan Raya Cipanas, Desa Cipanas, Kecamatan Cipanas, Kab. Cianjur, Minggu (16/2/2014). Kontes ayam pelung tersebut diikuti sekitar 300 peserta yang datang dari Garut, Tasikmalaya, hingga Yagyakarta.

Ketua Pelaksana Kontes Ayam Pelung Cipanas Cup, Pheno, mengatakan, kontes ayam pelung tersebut diharapkan dapat memajukan sektor pariwisata di Cipanas. "Kontes ayam pelung ini kita harapkan dapat meningkatkan nilai ekonomis yang tinggi, dengan memperkenalkan kualitas ayam pelung ini. Selain itu bisa memberi efek ganda terhadap aneka produk lainnya, seperti kerajinan kandang ayam, serta kreativitas lainnya," kata Pheno, Minggu (16/2/2014).

Dikatakannya, kontes suara dari ayam pelung tersebut, juga merupakan upaya pelestarian terhadap keanekaragaman hayati. Terlebih ayam pelung ini merupakan aset Kabupaten Cianjur, yang sudah mendunia. "Kita sangat mendukung upaya pelestarian ayam pelung, makanya kita gelar kegiatan ini. Kita harapkan dapat meningkatkan promo wisata budaya khas daerah Cianjur," tegasnya.

Secara terpisah Wakil Bupati Cianjur Suranto mengaku, sangat mendukung sekali dengan kontes ayam pelung yang dilaksanakan Palace Hotel. Selain menjadi ajang memperkenalkan lebih luas potensi ayam pelung, kontes tersebut juga bisa menjadi ajang silaturahmi antara penggemar serta peternak ayam pelung.

"Kami harapkan kontes seperti ini bisa  berkelanjutan, jangan sampai disini saja. Ayam pelung ini merupakan budaya khas Cianjur. Saya sangat mengapresiasi langkah yang sudah baik dikemas Palace Hotel ini. Ini banyak manfaatnya, tidak hanya sebagai upaya pelestarian tapi juga sebagai upaya menarik kunjungan wisata," kata Wabub yang menyempatkan hadir pada kontes ayam pelung tersebut [KC-02]***.
Axact

Kabar Cianjur

Pemimpin Redaksi : Asep Moh. Muhsin, Redaktur Pelaksana : Mustofa, Wartawan/Reporter : Asep M, Iman Sulaiman, Yedi Mulyadi, Ahmad Jaelani, Muhammad Fikri, Produksi TV : Aves Marley.Kantor Redaksi Kabar Cianjur : Jl. Siliwangi Kp. Kebonmanggu Sawahgede Cianjur 085724070444

Post A Comment:

0 comments:

Terima Kasih atas saran, masukan, dan komentar anda.