CIANJUR, [KC].- Untuk terciptanya situasi Kamtibmas pada saat menjelang dan pasca Pemilihan Umum Anggota DPR, DPD dan DPRD tahun 2014 di wilayah Kecamatan Cugenang, Muspika Kecamatan Cugenang menggelar rapat koordinasi (rakor) dengan peserta pemilu, PPK dan Panwaslu.

Kapolsek Cugenang Kompol Undang mengatakan, untuk mempermudah komunikasi antara pihak aparat kepolisian dengan partai politik, pihaknya menempatkan masing-masing satu personel LO (Liaison Officer) di masing-masing Parpol. Perwira polisi tersebut setiap saat siap menjadi media komunikasi untuk menindak lanjuti keinginan Parpol peserta pemilu.

"Pemilu saat ini ada 12 Parpol di Cianjur dari 15 parpol karena yang tiga untuk daerah Aceh. Setiap Parpol kita tempatkan satu orang LO. Mereka ini nantinya siap menjembatani atau membantu Parpol misalnya membantu mengurus pemberitahuan ijin kegiatan dan lainya," kata Undang saat ditemui disela kegiatan.

Selain itu peran LO tersebut juga bisa sebagai ujung tombak informasi terhadap setiap kegiatan yang dilakukan oleh Parpol selama berlangsungnya tahapan pemilu. "Intinya kita ingin pelaksanaan Pemilu 2014 di Cianjur ini bisa berjalan dengan aman dan kondusif," tegasnya

Selain pada Parpol, LO juga ditempatkan di Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) dan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). "Intinya kita ingin pelaksanaan Pemilu di Kecamatan Cugenang bisa berjalan kondusif dan ini menjadi tanggungjawab kita bersama," paparnya.

Ketua Panwaslu Kecamatan Cugenang Mustofa mengungkapkan,  pihaknya menyambut baik rakor bersama muspika yang didalamnya menghadirkan pengurus parpol diwilayah Kecamatan Cugenang. Pihaknya berharap hasil dari rakor itu bisa diimplementasikan dalam menjaga kondusifitas Pemilu khususnya di wilayah Cugenang.

"Ini awal yang bagus, tapi harus ditindak lanjuti dilapangan. Apalagi panwas merupakan salah satu bagian dari penyelenggara pemilu yang harus benar-benar menjaga kredebilitas dan netralitas agar pemilu bisa berjalan dengan baik. Panwas akan memposisikan sebagai wasit yang baik taat pada aturan," katanya.

Pihaknya juga menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam pelaksanaan pemilu 2014. "Panwas saat ini lebih mengedepankan upaya pencegahan atas terjadinya pelanggaran, tapi juga akan menindak jika terjadi pelanggaran," tegasnya [KC-02]***.
Axact

Kabar Cianjur

Pemimpin Redaksi : Asep Moh. Muhsin, Redaktur Pelaksana : Mustofa, Wartawan/Reporter : Asep M, Iman Sulaiman, Yedi Mulyadi, Ahmad Jaelani, Muhammad Fikri, Produksi TV : Aves Marley.Kantor Redaksi Kabar Cianjur : Jl. Siliwangi Kp. Kebonmanggu Sawahgede Cianjur 085724070444

Post A Comment:

0 comments:

Terima Kasih atas saran, masukan, dan komentar anda.