CIANJUR, [KC].- Segala macam persoalan dari mulai pembiayaan Koperasi Usaha Mikro Keci dan Menengah (KUMKM), wirausaha, memasarkan usahan persoalan usaha, bisa dilakukan di gedung Pusat Layanan Usaha Terpadu (Plut). Demikian dikatakan Menteri Koperasi dan UKM RI, Sjarifuddin Hasan disela kegiatan peresmian gedung Pusat Layanan Usaha Terpadu Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (PLUT-KUMKM) di Jalan Gadog II Desa Gadog Kecamatan Pacet Kab. Cianjur, Jum'at (7/2/2014).

"Makanya masyarakat jangan segan berkonsultasi dengan pejabat di Plut. Harapannya dengam adanya Plut Insya Allah rakyat smakin sejahtera kedepan.
Ini adalah bagian kecil dari program pemerintah, masih banyak progam program yang menyentuh rakyat," kata Sjarif.

Menurut suami dari Ingrid Kansil itu, hampir 10 tahun pemerintahan SBY, banyak program yang telah dinikmati rakyat. Presiden SBY dinilai cukup berhasil, salah satunya adalah mengenai penanganan pinjaman negara ke IMF. Era presiden SBY hutang IMF bisa dilunasi.

"Kalau dulu pinjam uang itu ke IMF, pada tahun 1997 utang negara mencapai 69 trilyun dan didekte oleh 
IMF. Mau membuat kebijakan ekonomi harus bilang sama IMF. Sekarang tidak, karena melihat kalau dikendalikan IMF maka akan sulit berkembang. Akhirnya diputuskan hutang IMF itu dilunasi oleh SBY. Sejak itu bebas dari IMF," katanya.

Sebagai negara yang semakin berkembang dalam perputaran perekonomian, sudah sepatutnya disiapkan generasi-genarasi yang mampu menggerakkan perekonomian agar bisa lebih maju dan berkembang. Adanya PLUT-KUMKM merupakan salah satu bagian untuk mewujudkan kesejahteraan melalu usaha yang lebih maju.
"Makanya saya menghimbau kepada generasi muda, gunakan keempatan ini, pemerintah membuka kesempatan. Manfaatkan ini degan menciptakan pekerjaan. Jadilah wirausaha untuk menciptakan pekerjaan. Kalau dilakukan sekarang, 10 tahun kedepan, jangan heran akan menjadi pengusaha sukses dari Cianjur," katanya.
Secara terpisah Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kab. Cianjur Ridwan Ilyasin mengungkapkan, dengan adanya gedung PLUT-UMKM diharapkan bisa menjadi rumah para pelaku KUMKM di Kabupaten Cianjur. PLUT-KUMKM bisa menjadi pusat konsultasi untuk berwirausaha.
"Ini merupakan rumah bagi pelaku KUMKM, kalau mau belajar, konsultasi, pelatihan data ke Plut. Kami menyiapkan tenaga ahlinya sesuai dengan yang diinginkan. Plut juga bisa dijadikan sebagai tempat ajang untuk perkenalan dan promosi bagi KUMKM," kata Ridwan saat ditemui terpisah.
Ridwan menegaskan, untuk mendukung fungsi PLUT-KUMKM telah disiapkan lima konsultan Plut yang membidangi keahlian yang berbeda. Mereka direkrut sesuai dengan kebutuhan dengan standar kompeten dan siap memberikan layanan kepada masyarakat yang membutuhkan.

"Ada beberapa layanan PLUT-KUMKM yang disiapkan diantaranya konsultasi bisnis, pendampingan dan monitoring bisnis, fasilitas akses pembiayaan, pemasaran dan promosi, pelatihan bisnis, networking dan layanan perpustakaan entrepreneur. Semua itu nantinya ada di PLUT-KUMKM, dan siap melayani masyarakat," katanya [KC-02]***. 
Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!








Axact

Kabar Cianjur

Pemimpin Redaksi : Asep Moh. Muhsin, Redaktur Pelaksana : Mustofa, Wartawan/Reporter : Asep M, Iman Sulaiman, Yedi Mulyadi, Ahmad Jaelani, Muhammad Fikri, Produksi TV : Aves Marley.Kantor Redaksi Kabar Cianjur : Jl. Siliwangi Kp. Kebonmanggu Sawahgede Cianjur 085724070444

Post A Comment:

0 comments:

Terima Kasih atas saran, masukan, dan komentar anda.