CIANJUR, [KC].- Setelah mengoperasikan kembali Kereta Api Siliwangi Cianjur-Sukabumi, PT. Kereta Api Indonesia (KAI) akan kembali mengoperasikan jalur KA Cianjur-Bandung yang sempat terhenti. KA Kiansantang Daerah Operasi (Daop) II Bandung, direncanakan pada 11 Maret 2014 mendatang resmi beroperasi.
Tidak hanya itu, beroperasinya jalur KA Cianjur-Bandung yang sangat diharapkan masyarakat itu direncanakan akan diresmikan langsung oleh Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono.
Kepala Stasiun KA Cianjur, Dadang Hidayat, mengatakan, KA Kiansantang yang nantinya menggunakan rangkaian Kahuripan ini, terdiri dari empat rangkaian gerbong dengan kapasitas penumpang sekitar 218 orang.
"Dijadwalkan tanggal 11 Maret mendatang akan diresmikan pengoperasionalnya dan dihadiri oleh Presiden SBY. Tapi kepastian kehadirannya sampai saat ini belum ada kepastian, itu baru rencananya," kata Dadang, Minggu (9/3/2014).
Dikatakan Dadang, dari empat rangkaian gerbong yang akan dioperasikan terdiri dari tiga gerbong K3 AC ekonomi, dan satu gerbong KMP Kelas 3 berikut restorasi atau tempat makan. Masing-masing gerbong memiliki 106 tempat duduk, dan 100 tempat duduk untuk gerbong KMP Kelas 3.
"Kemungkinan besar KA Kiansantang ini untuk jurusan Cianjur Bandung atau Cianjur-Kiaraconong. Ini masih dalam pembahasan. Mudah-mudahan saja semuanya bisa dirasakan manfaatnya bagi masyarakat pengguna jasa tranportasi KA ini," katanya.
Pengoperasian KA Kiansantang tersebut merupakan pemanfaatan rangkaian Cikahuripan yang sudah lama tidak beroperasi di wilayah Kiaracondong. Untuk itu, KA tersebut akan digunakan di Cianjur hingga rangkaian itu akan difungsikan kembali seperti semula.
Pihaknya juga mengaku masih belum menentukan jadwal pemberangkatan maupun harga tiketnya. "Yang jelas harga tikat atau tarifnya pasti berbeda dengan KA Cianjur-Sukabumu," katanya.
Sementara itu, perjalanan KA Siliwangi Cianjur-Sukabumi yang terlebih dahulu telah beroperasi, ternyata disambut antusiasme warga yang sudah lama tidak menikmati transportasi tersebut. Setiap harinya, khususnya pada Sabtu-Minggu tiket KA Siliwangi sebanyak 418 terjual habis.

"Memang antusias warga cukup tinggi, mereka menggunakan jasa KA itu untuk bepergian. Tiket yang terjual itu ada yang dibeli melalui online selain datang ke tempat loket KA secara langsung," kata Dadang [KC-02/r]***. 
Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!








Axact

Kabar Cianjur

Pemimpin Redaksi : Asep Moh. Muhsin, Redaktur Pelaksana : Mustofa, Wartawan/Reporter : Asep M, Iman Sulaiman, Yedi Mulyadi, Ahmad Jaelani, Muhammad Fikri, Produksi TV : Aves Marley.Kantor Redaksi Kabar Cianjur : Jl. Siliwangi Kp. Kebonmanggu Sawahgede Cianjur 085724070444

Post A Comment:

0 comments:

Terima Kasih atas saran, masukan, dan komentar anda.