Ir.H. LALU SURYADE,M.Si adalah seorang politisi muda  yang telah menjadi wakil rakyat semenjak  usia 27 tahun tepatnya di  Tahun 1999. Kang Halal (Haji Lalu) panggilan akrabnya, memulai karir politiknya sebagai Sekretaris Umum DPD Partai Keadilan, dan Sekretaris PPD II (KPUD) Kabupaten Bogor pada 1999 dan menjadi Anggota DPRD Kabupaten Bogor sebanyak 2 periode.
Kini Kang Halal merupakan Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat, selama menjabat anggota DPRD baik di tingkat kabupaten maupun provinsi, kang halal telah menunjukan  komitmen yang kuat bagi upaya peningkatan  kualitas kehidupan warga, antara lain di bidang pendidikan, kesehatan, pertanian, lingkungan hidup, dan lain-lain. Di DPRD Jawa Barat kang Halal  mempelopori pelaksanaan Hak Inisiatif Dewan untuk membuat Peraturan Daerah tentang pelestarian Lingkungan Hidup dan Penataan Hukum Lingkungan. Kini, Jawa Barat menjadi satu-satunya  provinsi  di Indonesia yang telah memiliki PERDA tersebut. Perda ini kemudian dijadikan rujukan bagi seluruh kabupaten dan kota di Jawa Barat. Di antara klausul penting dalam Perda itu adalah penetapan sanksi bagi pihak yang melanggar ketentuan hukum yang berkaitan  dengan lingkungan hidup; dan pendidikan lingkungan semenjak dini pada para siswa.
Kang Halal tetap dipercaya selama tiga periode menjadi wakil rakyat karena kedekatan komunikasinya dengan rakyat. Segala media digunakan untuk berinteraksi secara intensif, antara lain dialog langsung dengan para warga, maupun melalui alat komunikasi dan social media. Melalui komunikasi intensif tersebut, aspirasi masyarakat dapat diserap, diperjuangkan, dan dijadikan  dasar dalam pengambilan keputusan politik di Dewan. Itulah sebabnya Kang Halal dikenal sebagai Wakil Rakyat Yang Aspiratif.
Pemilu Legislatif tahun ini , DPP PKS memberikan amanah kepada Kang Halal untuk menjadi Caleg DPR RI dari Dapil Kota Bogor dan Kabupaten Cianjur, dalam daftar Kang Halal memiliki Nomor urut 7.
Lantas, apa yang menjadi visi-misi Kang Halal untuk dijalankan bila terpilih menjadi salah seorang Anggota DPR RI?
DPR RI merupakan salah satu pilar demokrasi dalam sistem ketatanegaraan kita. Kualitas lembaga legislatif ini sangat tergantung pada kualitas para anggotanya. Saat ini, rakyat banyak mempertanyakan kinerja DPR RI  karena perilaku para wakil rakyat tidak sesuai dengan harapan rakyat. DPR juga dianggap perlu menciptakan  beberapa undang-undang yang sangat mendasar dan strategis yang mesti dimiliki oleh Republik ini, antara lain UU Pertanian dan Undang-undang kota.
Sebagai Negara Agraris, sangat janggal bila Indonesia tidak memiliki UU pertanian, yang secara komprehensif menata persoalan-persoalan  pertanian, untuk kesejahteraan  petani dan swasembada  pangan nasional.  Undang undang yang ada saat ini  bukanlah undang-undang pokok yang menjadi landasan  kebijakan politik nasional  untuk menjadikan pertanian  sebagai bagian utama ekonomi bangsa, sehingga kebutuhan pangan nasional dipenuhi melalui impor. Kebijakan impor menjadikan perekonomian sangat tergantung pada negara lain dan petani kita tetap menderita.
Dalam lingkup perkotaan Kang halal memiliki obsesi untuk terwujudnya warga perkotaan yang terlindungi hak-hak dasar, dan memiliki ruang hidup yang layak untuk kesejahteraannya. Kurangnya public space, ruang terbuka hijau, dan perlindungan terhadap pejalan kaki  adalah diantara sebab-sebab ketidaklayakan kehidupan warga perkotaan. Penting pula diatur pembiayaan pembangunan bagi setiap kelurahan dalam UU Kota, sebagaimana yang diberikan pada setiap desa dari APBN yang diatur dalam UU Desa.
Kabupaten Cianjur dan Kota Bogor dapat menjadi contoh terkemuka untuk mewujudkan prinsip-prinsip pembangunan tersebut diatas. Profil Videonya dapat diakses disini. (KC.03)***



Axact

Kabar Cianjur

Pemimpin Redaksi : Asep Moh. Muhsin, Redaktur Pelaksana : Mustofa, Wartawan/Reporter : Asep M, Iman Sulaiman, Yedi Mulyadi, Ahmad Jaelani, Muhammad Fikri, Produksi TV : Aves Marley.Kantor Redaksi Kabar Cianjur : Jl. Siliwangi Kp. Kebonmanggu Sawahgede Cianjur 085724070444

Post A Comment:

0 comments:

Terima Kasih atas saran, masukan, dan komentar anda.