CIANJUR, [KC].-  Dalam waktu tiga bulan terakhir, Sistem Resi Gudang (SRG) yang berada di Warungkondang Kabupaten Cianjur mampu menyerap gabah petani sebanyak 300 ton. Dengan jumlah tersebut diperkirakan pada musim panen tahun ini serapan gabah akan meningkat dibandingkan tahun sebelumnya.

Kabid Perdagangan Dinas Perindustrian dan perdagangan (Disperindag) Kabupaten Cianjur yang juga  merupakan Penanggungjawab SRG Warungkondang, Judi Adi Nugroho mengatakan, peningkatan serapan gabah atau penyimpanan gabah yang dilakukan petani kepada SRG sudah dirasakan sejak diresmikannya operasional SRG tersebut.

Berdasarkan data yang ada, tahun 2013 lalu serapan gabah dari para petani yang ada di SRG mencapai 1.573.205 kg. "Kalau melaihat data yang ada tentu ini sudah dirasakan manfaatnya oleh para petani adanya SRG ini, sehingga jumlahnya terus meningkat," kata Judi.

Keberadaan SRG menurut Judi, tidak lain sebagai salah satu bentuk upaya dari pemerintah untuk melindungi dan membantu petani dalam memasarkan hasil panennya agar tidak dikuasai oleh sistem ijon yang jelas merugikan para petani. Selain itu juga sebagai upaya dalam penciptaan upaya ketahanan pangan.

"Para petani tidak perlu kawatir jika menyimpan hasil panennya di SRG. Karena gabah mereka tersimpan dengan baik dan selalu terjaga kualitasnya. Mereka tiak perlu kawatir jika gabah dijual harganya akan anjlok, kualitasnya akan terjaga stabil," katanya.

Selain bisa dimanfaatkan untuk penyimpanan hasil panen, SRG juga memberikan manfaat lain bagi para petani yakni adanya program bantuan modal. Salah satunya seperti pengadaan bibit dan biaya penanaman lainnya di musim tanam dengan jaminan gabah.

"Saya pastikan SRG ini menguntungkan para petani, perbankan saja sudah ada yang kerjasama, terutama dalam pemberian bantuan modal khusus bagi para petani yang menyimpan hasil panennya di SRG," tegas Judi  [KC-02]***.
Axact

Kabar Cianjur

Pemimpin Redaksi : Asep Moh. Muhsin, Redaktur Pelaksana : Mustofa, Wartawan/Reporter : Asep M, Iman Sulaiman, Yedi Mulyadi, Ahmad Jaelani, Muhammad Fikri, Produksi TV : Aves Marley.Kantor Redaksi Kabar Cianjur : Jl. Siliwangi Kp. Kebonmanggu Sawahgede Cianjur 085724070444

Post A Comment:

0 comments:

Terima Kasih atas saran, masukan, dan komentar anda.